Gaun Pernikahan Cantik dari 6 Negara Ini Bisa Jadi Inspirasi Buat Kamu!

830
Gaun Pernikahan Bulgaria (Foto: MVslim)

Muslim Obsession – Pernikahan tidak hanya menyatukan dua orang yang saling mencintai. Pernikahan juga kerap kali ditentukan oleh berbagai ritual dan tradisi.

Selain itu, preferensi pribadi dan agama juga mengambil bagian dalam keseluruhan proses termasuk soal gaun. Di seluruh dunia, ada berbagai versi dari fenomena universal ini.

Berikut 6 negara dengan gaun pernikahan mulai dari yang unik hingga cantik, yang bisa jadi inspirasi untuk Anda:

1. India

Hampir mirip dengan di Indonesia, upacara pernikahan Muslim di India pun memiliki ritual yang syari.

Pertama-tama ada pembacaan ayat-ayat Al-Quran. Setelah itu, pengantin akan ditanya dengan tiga kali pertanyaan, ”Apakah mereka yakin ingin menikah satu sama lain?”

Setelah selesai, kedua pasangan akan menandatangani buku nikah. Pasca selesai akad, mereka akan menggelar resepsi dengan bahagia. Lalu, bagaimana dengan gaun pernikahan kedua mempelai? Anggun bukan?

2. Malaysia

Pernikahan Melayu dikenal sangat mewah dan unik dengan campuran Asia dan Islam yang berbeda. Langkah pertama adalah memperkenalkan keluarga satu sama lain selama Adat Merisik dan Adat Bertunang.

Langkah kedua adalah merencanakan pernikahan dan menetapkan tanggal. Tiga hari sebelum pernikahan, ada upacara pewarnaan henna, yang disebut Berinai. Henna adalah minyak yang diekstrak dari daun Henna.

Henna akan diletakkan di ujung jari pasangan oleh kerabat dan teman mereka. Henna sendiri sangat sering digunakan dalam pernikahan Muslim di seluruh dunia.

Upacara pernikahan akan diresmikan langsung oleh seorang imam atau qadi. Setelah membacakan ayat-ayat dari Al-Quran, pasangan itu menandatangani kontrak pernikahan.

Sesuatu yang juga sangat umum dan esensial dalam budaya Malaysia adalah pengantin pria memberi mas kawin kepada pengantin wanita.

Pasangan itu akan mengenakan pakaian tradisional Melayu dan menghabiskan hari mereka seperti layaknya seorang bangsawan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here