Gara-Gara Pakai Hijab, Atlet Voli Ini Didiskualifikasi

85

Jakarta, Muslim Obsession – Di seluruh dunia, wanita Muslim menentang batasan budaya dan stereotip untuk bersaing di level olahraga tertinggi.

Dalam sepak bola, anggar, angkat besi, bola basket, hoki es, dan lainnya, wanita Muslim berhijab berhasil mencapai impian mereka dengan tetap menjaga kesopanan.

Namun, seorang pelajar Muslim muda di Tennessee’s Valor College Prep didiskualifikasi dari pertandingan setelah seorang wasit mengutip aturan bahwa atlet tersebut membutuhkan izin dari Tennessee Secondary School Athletic Association (TSSAA) untuk mengenakan hijab, demikian laporan The Tennessean, dilansir About Islam, Senin (21/9/2020).

Aturan NFHS (Federasi Nasional Asosiasi Sekolah Menengah Negeri) menyatakan bahwa “perangkat rambut yang terbuat dari bahan lembut dan lebarnya tidak lebih dari tiga inci dapat dikenakan di rambut atau di kepala.”

Cameron Hill, direktur atletik di Valor College Prep, mengatakan sekolah tersebut mengirim email ke TSSAA meminta otorisasi bagi atlet Muslim mereka untuk mengenakan jilbab.

“Meskipun kami bisa mendapatkan persetujuan dari TSSAA dan sekarang kami memiliki surat yang memungkinkan pemain untuk memakai jilbab di masa depan, kami merasa aturan ini diskriminatif dan tidak adil,” tulis Hill di Instagram.

“Kami berdiri dalam solidaritas dengan semua cendekiawan dan keluarga kami serta kebebasan mereka untuk mengekspresikan agama mereka dengan bebas.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here