FSA Bebaskan 12 Desa di Afrin

454
Tentara FSA (Foto: Anadolu)

Ankara, Muslim Obsession –  Angkatan Bersenjata Turki dan Tentara Pembebasan Suriah (FSA) kembali membebaskan 12 desa dari teroris YPG/PKK-Daesh dalam Operasi Ranting Zaitun di wilayah Afrin barat laut Suriah, Senin (12/3/2018).

Seperti dilansir Anadolu, beberapa desa yang dikuasai oleh YPG/PKK-Daesh kini sudah bersih salah satunya desa Bassselhaya di pusat distrik Afrin, Iskan di kota Jinderes, Qizilbasha dan Kutanli di Bulbul.

Sebelumnya 8 desa, yakni Jalama, Habol, Barlana, Al-Qarah, Zindakan, Qila, Kumush Burj, dan Qibar juga telah terlebih dahulu dibersihkan dari kelompok teroris.

Sejak Turki meluncurkan Operasi Ranting Zaitun, militer Turki dan FSA telah membebaskan total 201 lokasi, termasuk lima pusat kota, 163 desa, 33 gunung dan bukit strategis, dan satu basis YPG/PKK.

Menurut Wakil Perdana Menteri dan juru icara pemerintah Bekir Bozdag, operasi tersebut telah membebaskan total 1.102 kilometer persegi dari pendudukan teroris.

Sebagai pada 20 Januari lalu, Turki meluncurkan Operation Olive Branch untuk membersihkan teroris YPG / PKK-Daesh dari Afrin.

Menurut Staf Umum Turki, operasi itu bertujuan untuk membangun keamanan dan stabilitas di sepanjang perbatasan Turki dan wilayah tersebut, sekaligus melindungi orang-orang Suriah dari penindasan dan kekejaman teroris.

Operasi tersebut dilakukan di bawah kerangka hak Turki berdasarkan hukum internasional, resolusi Dewan Keamanan PBB, hak pembelaan diri berdasarkan piagam PBB, dan penghormatan terhadap integritas wilayah Suriah.

Militer juga mengatakan bahwa hanya target teror yang dihancurkan dan pihaknya akan memberi “perhatian sepenuhnya” untuk menghindari korban warga sipil. (Bal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here