FPMSI Ajak Masyarakat Kota Bandung Lawan Hoax dan Tangkal Virus Corona

388

Bandung, Muslim Obsession – Kalangan Warganet yang tergabung dalam FPMSI (Forum Pegiat Media Sosil Independen) mengajak komponen masyarakat kota Bandung untuk melawan hoax dan menangkal virus Corona dengan kampanye posting konten postif melalui ajakan menerapkan pola hidup sehat.

Kolaborasi yang dilakukan yaitu dengan memberikan literasi agar meningkatkan kesadaran masyarakat luas untuk tidak menebar hoax dan informasi yang tidak benar yang dapat menghambat upaya pemerintah dalam menangani penyebaran virus corona.

Kampanye literasi memanfaatkan aktivitas masyarakat kota Bandung yang berolahraga di kawasan Jl. Dago, Ahad (15/3/2020) pagi.

Kegiatan aksi kreatif ini dilaksanakan guna mengajak masyarakat kota Bandung agar tidak panik terhadap wabah virus Corona Dengan menjalankan pola hidup sehat.

“Diharapkan masyarakat khususnya Warganet harus cerdas, dengan tidak mudah dirasuki konten disinformasi alias hoax terkait wabah Corona serta terus melakukan gerakan posting konten positif di media sosial yang menumbuhkan optimisme masyarakat guna menghadapi wabah virus Corona,” kata Koordinator Nasional FPMSI Hafyz Marshal dalam rilisnya, Selasa (17/3/2020).

Sementara itu Ketua FPMSI Rusdil Fikri mengatakan bahwa Warganet harus berkontribusi mendukung upaya pemerintah yang sedang bekerja menangani penyebaran virus Corona guna tetap menjaga situasi kondusif di masyarakat.

“Warganet harus berkontribusi dengan tersebarnya secara luas konten-konten narasi posistif di lini media guna menangkal hoax dan propaganda negatif yang menghambat suksesnya berbagai upaya dalam penanganan penyebaran virus corona sehingga berbagai konten negatif tersebut tidak mendominasi ruang media publik,” ujar Rusdil.

Rusdil menejlaskan, FPMSI merupakan sebuah forum dan komunitas literasi di kalangan insan pegiat media sosial yang memiliki komitmen dan konsistensi memerangi hoax dan konten negatif di media sosial yang dapat mengancam persatuan bangsa dan menghambat kemajuan bangsa terlebih di saat bangsa ini sedang serius menghadapi penyebaran virus Corona.

FPMSI sebelumnya telah melakukan berbagai kegiatan kreatif yang melibatkan semua kalangan, seperti aksi posting konten positif maupun diskusi dan kampanye literasi kreatif serta yang telah terlaksana di beberapa kota seperti Jakarta, Bandung, Cirebon, Solo, Yogyakarta serta kota-kota lainnya.

Aksi kreatif kampanye literasi di Kota Bandung juga dibarengi dengan penggalangan tanda tangan masyarakat yang bersktivitas olahraga di kawasan Dago Bandung sebagai bentuk dukungan Masyarakat dan warganet terhadap berbagai upaya dalam melawan hoax dan menangkal penyebaran Virus Corona dengan salah satunya mengajak pola hidup sehat dan membagikan brosur beirisi informasi positip seputar isu virus Corona.

FPMSI bersama masyarakat juga mendeklarasikan seruan Warganet Lawan Hoax dan Tangkal Virus Corona. Pertama, Siap menjaga Persatuan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 serta Kebhinekaan Indonesia.

Kedua, Siap Melawan Hoax Dengan Memposting Konten Narasi Positif Di Berbagai Lini Media Serta Mendukung Upaya Pemerintah Mengatasi Penyebaran Virus Corona Demi Terwujudnya Kondusivitas di Masyarakat.

Ketiga, Siap Berkontribusi Menangkal Wabah Virus Corona Dengan Mengkampanyekan Dan Memgedukasi Gerakan Pola Hidup Sehat Masyarakat Demi Bangsa Yang Sehat Serta Kuat Menuju Indonesia Maju.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here