FOZ Wujudkan Sinergi dan Kolaborasi Antar Organisasi

391

Jakarta, Muslim Obsession – Forum Zakat (FOZ), rumah besar bagi gerakan zakat Indonesia menggelar acara CEO Lembaga Amil Zakat (LAZ) Forum yang berlangsung di Hotel Cosmo Amaroossa Jakarta Selatan.

Kegiatan diskusi ini merupakan bagian dari acara FOZ CEO Forum yang digelar dua hari sejak Rabu hingga Kamis, (23-24/10/2019). Acara ini mengusung tema “Pemaparan Rancangan Sinergi dan Kolaborasi Pendayagunaan zakat, infak, dan sedekah (ZIS) untuk Pengentasan Kemiskinan”. Salah satu upaya mewujudkan sinergi dan kolaborasi yang terjalin antar organisasi pengelola zakat.

Dalam paparan diskusi, Pakar Pemberdayaan dan Pengurus Bidang III FOZ Sigit Iko Sugondo mengatakan LAZ harus terintegrasi dengan agenda pembangunan nasional Indonesia. Lebih jauh, semua aktivitas sinergi dan kolaborasi organisasi pengelola zakat anggota FOZ harus memantik terbentuknya ekosistem pendayagunaan yang produktif.

“Saya kira salah satu penyebab kemiskinan adalah bencana. Maka, mitigasi dan rehabilitasi  bencana itu sangat penting. Bukan yang datang duluan, tapi pulang belakangan. Dalam arti yang ikut bertanggungjawab terhadap dampak yang dihasilkan dari bencana,” kata Sigit, Kamis (24/10/2019).

Sigit membeberkan bahwa dalam mengatasi kemiskinan di perkotaan, perlu juga mengatasi kemandirian ekonomi daerah lain. Maka, disitulah letak pentingnya kolaborasi.

“Hanya satu yang menghancurkan kolab, yaitu kalau unsurnya sudah beda. Kolaborasi adalah keterkaitan unsur untuk menuju tujuan yang sama,” jelasnya.

Ia mencontohkan, di Jakarta mobilitas semakin baik. Maka tingkat jumlah penglaju pun makin banyak, karena yangg tinggal di kota ada nomaden.

“Penglaju yang akan menambah masalah di DKI. Semakin baik transportasi publik yang dicanangkan. Akan memperlebar kemungkinan menambah masyarakat miskin di Jakarta,” katanya.

Ia mencontohkan daerah-daerah seperti Cianjur, Sukabumi, Rangkasbitung dan lain sebagainya perlu diberi perhatian lebih demi mengentaskan kemiskinan. (Way)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here