Foto Makkah Zaman Dulu Akan Dipamerkan di Abu Dhabi

105
Gambar awal Makkah oleh Sadiq Bey pada tahun 1881 (Bibliothèque nationale de France, Paris)

Dubai, Muslim Obsession – Sebuah foto Makkah yang diambil oleh Muhammad Sadiq Bey pada tahun 1881 akan ditampilkan dalam pameran fotografi pertama Louvre Abu Dhabi mulai 25 April 2019. Foto tersebut merupakan salah satu gambar paling awal yang diambil di Arab Saudi.

Pameran bertema Foto-foto 1842 – 1896: Album Awal Dunia itu akan dibuka untuk pengunjung hingga 13 Juli 2019. Ini adalah pameran internasional kedua yang akan diselenggarakan museum tahun ini.

Museum akan menampilkan beberapa dari 250 foto paling awal di Timur Tengah, Afrika, Asia dan Amerika, yang diambil antara tahun 1842 dan 1896, termasuk beberapa foto tertua Arab Saudi dan Yaman oleh Auguste Barthold.

Mohamed Khalifa Al-Mubarak, ketua Departemen Kebudayaan dan Pariwisata di Abu Dhabi, mengatakan pameran ini bertujuan untuk memamerkan bagian dari warisan kemanusiaan kita yang menginspirasi.

“Fotografi adalah salah satu alat paling penting yang berkontribusi dalam mendokumentasikan sejarah dunia dan beragam budayanya,” bebernya sebagaimana dilansir Arab News, Selasa (2/4/2019).

Pameran ini diselenggarakan oleh Louvre Abu Dhabi bekerja sama dengan musée du quai Branly – Jacques Chirac dan Agence France-Muséums, dan disponsori oleh Bank of Sharjah.

Sebagian besar gambar berasal dari musée du quai Branly – koleksi Jacques Chirac, dengan beberapa gambar dari Bibliothèque Nationale de France, musée national des arts asiatiques – Guimet, Musée d’Orsay, la Société de Géographie dan La Cité de la Céramique – Sèvres & Limoges.

Museum itu juga akan menampilkan karya-karya fotografer terkenal, seperti Luis Garcia Hevia dari Kolombia, saudara-saudara Abdullah dan Pascal Sebah dari Turki, Lala Deen Dayal dari India, Marc Ferrez dari Brazil, Lai Fong dari China, Kassian Cephas dari Indonesia, Alexandre Michon dan Nikolai Charushin dari Rusia, Francis Chit dari Thailand, dan Ichida Sôta dan Suzuki Shin’ichi II dari Jepang.

Tak hanya itu, pameran tersebut akan disertai dengan sejumlah kegiatan pendidikan dan budaya yang berkaitan dengan fotografi, seperti lokakarya, pemutaran film, konferensi, dan konser film.

Konser cine, In the Land of the Head Hunters, adalah interpretasi musikal film bisu versi Amerika dan Romeo dan Juliet oleh musisi Prancis Rodolphe Burger. Pengunjung juga dapat menikmati tur multimedia pameran dalam bahasa Arab, Inggris, dan Prancis. (Vina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here