Fokus Utama Komjen Listyo Sigit Saat Menjabat Kapolri

113

Jakarta, Muslim Obsession – Calon Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo menjalani uji kalayakan dan kepatutan di Komisi III DPR, Rabu (20/1/2021). Di depan para anggota, Sigit berjanji akan mengubah wajah Polri menjadi institusi yang memenuhi harapan masyarakat.

Menurut dia, hal-hal yang perlu diperbaiki untuk menggapai tujuan tersebut yaitu melakukan penegakkan hukum yang memberikan rasa keadilan bagi masyarakat.

“Saat ini, masyarakat memerlukan penegakan hukum yang memberikan rasa keadilan bagi masyarakat. Bukan penegakkan hukum dalam rangka kepastian hukum,” kata Listyo dalam uji kepatutan dan kelayakan di Komisi III DPR, Rabu (20/1/2021).

Ia menyatakan, fokus utama Polri di bawah kepemimpinannya nanti berorientasi pada kepentingan masyarakat dan berbasis pada hukum berkeadilan.

Kemudian, menghormati hak asasi manusia (HAM) dan mengawal proses demokrasi.

“Berorientasi pada kepentingan masyarakat, berbasis pada hukum berkeadilan dan menghormati HAM, dan mengawal proses demokrasi,” ujar dia.

Untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, Listyo mengatakan, Polri akan memanfaatkan sarana teknologi informasi.

Dengan demikian, pelayanan dapat semakin menjangkau seluruh kepentingan masyarakat. Berbagai kendala dalam interaksi makin dapat teratasi untuk makin menjaga dan meningkatkan marwah Polri.

“Karena apa pun yang terjadi, makin sering terjadi interaksi, maka kemungkinan terjadinya penyalahgunaan wewenang akan terjadi. Karena itu, ke depan kami akan meningkatan sistem sehingga hal-hal yang sifatnya memunculkan interaksi dan penyalahangunaan wewenang akan kami perbaiki,” tutur dia. (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here