Film The Santri: Ditonton atau Diboikot? Ini Nasehat Buya Yahya 

3196
Kendati baru trailer, film 'The Santri' menuai banyak pro dan kontra.

Jakarta, Muslim Obsession – Film The Santri yang rencananya akan dirilis Oktober 2019 mendatang rupanya menimbulkan pro dan kontra.

Setelah trailernya muncul, banyak yang menuding film tersebut tidak pantas. Dengan alasan Film The Santri dianggap bertolak belakang dengan kehidupan santri di pesantren. Mulai dari adegan ikhtilat hingga masuk ke gereja dengan membawa makanan untuk jemaat Nasrani.

Film besutan NU itu bahkan mendapat reaksi boikot di media sosial. Meski tidak sedikit yang merasa tidak setuju, karena mereka semua belum menonton film tersebut secara keseluruhan.

Jadi, apa yang harus kita lakukan? Menonton atau memboikot Film The Santri? Yuk, simak jawaban bijak dari Buya Yahya!

“Film tentang pesantren, pesantren adalah yang membangun negeri ini. Akhlak bangsa ini dengan santri. Jangan sampai nanti dirusak dengan film. Kalau seandainya film itu tidak benar tidak mencerminkan pesantren, maka semuanya harus bersuara,” imbau Buya Yahya melalui video yang diunggah Al-Bahjah TV, Rabu (18/9/2019).

Hal ini menurut Buya dilakukan agar yang merusak (citra) santri sadar, sehingga mereka bisa menarik diri.

“Yang sudah terprovokasi, terpengaruh, akan bisa paham. Bahwasannya ternyata santri tidak seperti itu. Itu, jika film tersebut tidak mencerminkan tentang pesantren,” ujar Buya.

“Tapi kita juga berdoa jika film tersebut niatnya baik, semoga dijaga. Jika tidak baik, semoga taubat yang berjuang di dalamnya, diampuni oleh Allah,” pungkas Buya.

Terakhir, Buya berpesan jangan sampai sesama umat mencaci maki. Jika ada yang berbeda dari kita, jangan sampai mencaci maki dan mengolok-ngolok hingga merusak persaudaraan.

 

Simak video lengkap Buya Yahya di sini:

 

1 KOMENTAR

  1. PBNU tentu punya perspektif berbeda sehingga menayangkan trailer the santri dengan konsep visual seperti itu. Film The Santri merupakan bentuk pemanfaatan ruang publik untuk menyampaikan pesan-pesan pembuat film (PBNU). Toleransi adalah salah satu isi pesan penting yang terkandung dalam film tersebut. Kepada siapa pesan toleransi itu ditargetkan? Tentu kepada publik. Yaitu, pesan kedalam dan pesan keluar (internal muslim maupun penganut agama lain).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here