Filipina Akan Luncurkan Standar Halal Baru

993
Masjid berwarna Pink di Filipina

Filipina, Muslim Obsession – Standar halal baru yang disusun oleh Departemen Perdagangan dan Industri akan diluncurkan di Kota Davao pada tanggal 1-6 Mei mendatang, dalam rangka Pekan Perdagangan Halal Filipina.

Marilou W. Ampuan, presiden Universal Islamic Center Foundation (UICF), mengatakan selama forum Kapehan sa Dabaw bahwa dengan peluncuran ini, mereka berharap semakin banyak perusahaan non-halal yang akan disertifikasi untuk menyajikan makanan halal .

“Filipina adalah anggota Forum Akreditasi Halal Internasional, sebuah badan pemersatu negara-negara yang memiliki standar Halal; jadi sertifikasi Halal sudah diakui seluruh dunia,” ujarnya sebagaimana dilansir Sunstar, Selasa (27/3/2018).

Ampuan juga memaparkan hanya ada enam pemberi sertifikasi Halal yang diakreditasi oleh Komisi Nasional untuk Muslim di Filipina. Semuanya tidak lagi menjadi badan akreditasi, karena kekuasaan untuk peluncuran standar halal baru telah dialihkan ke DTI.

Keenam pemberi sertifikasi terakreditasi tersebut berasal dari Manila, Cotabato, General Santos City, dan Uni Emirat Ara. Dengan identitas hukum setempat yaitu Dewan Dawa Islam Filipina, Lembaga Pengembangan Halal Filipina, Otoritas Halal Mindanao, dan Dewan Sertifikasi Halal Muslim Mindanao.

“Pemberi sertifikasi ini tidak akan dilarang untuk melakukan bisnis. Karena akreditasinya akan diperpanjang hingga 2019. Mereka sudah memproses kualifikasi untuk skema standar baru,” tuturnya.

Sertifikasi halal akan menyasar hotel-hotel, resort dan restoran. Sebanyak 10 perusahaan telah tercatat tidak memproduksi babi atau bahan mengandung babi, yang ingin memiliki sertifikasi halal.

Ampuan mengatakan bahwa memiliki sertifikasi halal di bawah standar DTI baru, akan membuka jalan bagi pemilik restoran untuk menjadi bagian dari industri senilai $ 3 triliun di seluruh dunia. (Vina)

 

 

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here