Fantastis! Satu Desa di Turki Berhenti Merokok

462
Seluruh warga di sebuah desa di Anatolia, Turki berhenti merokok (Foto: About Islam)

Yozgat, Muslim Obsession – Meskipun merokok dilarang dalam Islam, namun kenyataannya ada jutaan Muslim yang kecanduan gulungan tembakau berbahaya tersebut.

Namun, berbeda di Haydarbeyli, sebuah desa di Anatolia, Turki, di mana tak satu pun dari 180 penghuninya yang merokok. Padahal, sebelumnya sebagian dari mereka ialah pecandu.

Salah satu warga, Muhsin Varol, mengatakan dia merokok selama lebih dari 13 tahun sebelum memutuskan untuk berhenti dari kebiasaan tersebut.

“Saya berhenti merokok, sama seperti semua penghuni di sini,” kata dia, seperti dilaporkan Daily Sabah, Selasa (4/12/2018).

Sementara Kepala Desa, Rifat Eraslan, mengatakan bahwa setiap penduduk desa mendukung satu sama lain untuk menyingkirkan kebiasaan berbahaya ini. Bahkan, pemerintah Turki juga mendukung kampanye anti-merokok mereka.

Sedangkan Yasin Uğurlu, penduduk lainnya mengaku memutuskan untuk berhenti merokok setelah dirinya kecanduan selama empat tahun.

“Semua orang tahu betul tentang bahaya merokok dapat menyebabkan kematian, tetapi kebanyakan orang memilih untuk mengabaikannya,” tutur Uğurlu.

“Namun di Haydarbeyli, kami memilih untuk tidak merokok. Saat ini, semua orang menjadi senang. Karena di rumah, di mobil, maupun di jalan umum, tidak ada sama sekali bau rokok. Anda tidak akan menemukan satu batang rokok pun di desa kami,” tambah Uğurlu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here