Fakta Kurma Bam, Cegah Anemia Hingga Kanker

303
Kurma, salah satu buah tertua di dunia. (Foto: Fikar/OMG)

Muslim Obsession – Kurma Mazafati atau juga disebut Kurma Bam adalah sumber vitamin yang kaya, termasuk A, B, C & E, dan juga mengandung mineral seperti fosfor, kalsium, zat besi, yodium dan magnesium, yang masing-masing memiliki peran penting dalam kesehatan manusia.

Kurma Bam memiliki kandungan magnesium antikanker, bermanfaat untuk pendengaran, penglihatan, sakit punggung, nyeri sendi, perawatan dada dan paru-paru. Saat bulan puasa seperti sekarang, Kurma Bam bisa menjadi pilihan karena dapat meningkatkan energi otot tubuh, kekuatan dan meningkatkan daya ingat karena adanya fosfor dan magnesium

Kurma Bam adalah buah tua yang ditanam di daerah subtropis dan tropis. Para arkeolog percaya bahwa kurma ditanam lima ribu tahun yang lalu. Dikatakan bahwa kurma dari Iran ini ditransmisikan di Cina dan dibudidayakan di negara-negara Eropa seperti Spanyol.

Sejarah Kurma Bam

Kurma Bam segar ini tumbuh di kota Bam wilayah Kerman, Iran. Bam adalah tempat paling terkenal untuk Kurma Bam berkualitas tinggi. Wilayah Bam memiliki sekitar 28.000 Hektar tanah di bawah masa panen mazafati, dan 5.000 Hektar berkaitan dengan pohon-pohon palem muda.

Kurma Bam adalah salah satu kurma Iran berwarna coklat hingga hitam yang paling terkenal dan lezat. Kandungan air dari Kurma Bam biasanya mencapai  15-25% dan sangat tergantung pada waktu panen dan tempat tumbuhnya kurma.

Bentuk Kurma Bam ialah oval dan dagingnya sangat lembut sehingga sangat populer di Iran dan seluruh dunia. Ukuran Kurma Bam biasanya antara 2,5-4,5 cm.

Rendah Lemak dan Tinggi Serat

Kurma Bam memiliki kandungan rendah lemak dan tinggi protein dan serat, yang menjadikannya camilan sehat di antara waktu makan dan puasa Anda.

Menjaga Kesehatan Sistem Saraf

Vitamin yang ada di Kurma Bam membuatnya ideal untuk menjaga kesehatan dan fungsi sistem saraf. Kalium adalah salah satu bahan utama dalam mempromosikan sistem saraf yang sehat dan responsif, dan juga meningkatkan kecepatan dan kewaspadaan aktivitas otak.

Mencegah Kanker dan Menetralkan Asam Lambung

Berdasarkan penelitian, seperti dilansir situs datefruit, buah ini bisa efektif dalam mencegah kanker. Dalam beberapa buku pengobatan tradisional, kurma dianggap Hematopoietik. Semua tipe kurma sebetulnya sangat bermanfaat bagi orang tua dan anak-anak karena menetralkan asam lambung ekstra.

Mengobati Diare

Kurma mengandung kalium, yang dikenal sebagai cara yang efektif untuk mengendalikan diare. Buah ini juga mudah dicerna, hingga dapat mengurangi sifat diare kronis yang tidak terduga. Serat terlarut dalam kurma juga dapat menjaga fungsi sistem ekskresi yang sehat.

Mencegah Anemia

Kurma memiliki kandungan mineral yang tinggi, yang bermanfaat untuk berbagai kondisi kesehatan. Kadar zat besi yang ada dalam Kurma Bam bisa dijadikan suplemen makanan yang sempurna bagi orang yang menderita anemia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here