Fakta-fakta Egg Boy, Remaja Pelempar Telur ke Senator Australia

1694

Jakarta, Muslim Obsession – Aksi remaja bernama Will Connolly terhadap senator Australia Fraser Anning mendapat pujian dari seluruh masyarakat dunia. Ia mendapat julukan Egg Boy setelah mengeprukkan telur mentah ke kepala Fraser Anning.

Bukam tanpa alsan, senator itu dikepruk telur lantaran menyalahkan imigran Muslim dalam serangan teroris memastikan di dua masjid kota Christchruch, Selandia Baru, yang menewaskan 50 orang pekan lalu.

Kejadian pemecahan telor terjadi pada saat Senator Anning berbicara kepada wartawan di Melbourne pada Sabtu (16/3/2019). Dia kesel secara spontan menimpuk Anning pakai telur. Anning berbalik dan meninju wajah pemuda itu sebelum meraihnya dan mencoba mendaratkan pukulan lagi.

“Walaupun umat Islam mungkin menjadi korban hari ini, mereka biasanya adalah pelaku kekerasan,” inilah kalimat Anning yang membuat masyarakat dunia kecewa termasuk Connolly.

Video rekaman pengeprukan telur di kepala Senator Anning oleh Conolly viral di media sosial sejak hari Sabtu. Berikut -fakta-fakta yang perlu diketahui tentang insiden tersebut, yang dikutip dari Heavy.com, Senin (18/3/2019).

1. Will Connolly Muncul di Twitter sebagai Egg Boy

Setelah video “Egg Boy” viral di media sosial, seorang bocah remaja bernama Will Connolly mengonfirmasi di Twitter bahwa dialah sosok Egg Boy tersebut. Dia juga menuliskan tweet di video klip tentang dirinya. Dia berbicara dengan sedih tentang apa yang telah dia pelajari dari pengalamannya.

“Telur politisi dan diatasi oleh 30 bogan pada saat yang sama,” kata Connolly.

Bogan disini adalah istilah di Australia untuk menggambarkan orang-orang berkelas rendah.

Will Connolly terlihat seperti para remaja pada umumnya. Di instagram ia kerap memposting foto-foto nongkrong, bersepeda, dan berpesta dengan teman-teman. Tidak ada yang menunjukkan motif politik remaja itu atau apa yang mungkin menginspirasinya untuk mengeprukkan telur di kepala senator paling kontroversial di Australia tersebut.

Tapi setelah Connolly muncul di media sosial untuk mengonfirmasi bahwa dirinya adalah sosok “Egg Boy”, pesan dukungan bermunculan untuknya. “Anda seorang malaikat,” tulis seorang pengguna Instagram. Yang lain menyebutnya “legenda”. Ada yang berkomentar, “Kami membutuhkan lebih banyak orang seperti Anda.”

2. Anning Sebut Islam “Iman Biadab”

Anning merilis pernyataan setelah penembakan Selandia Baru, di mana ia mengatakan kebijakan imigrasi negara adalah alasan sebenarnya untuk penembakan yang mematikan. Dia menulis;

“Seperti biasa, politisi sayap kiri dan media akan bergegas mengklaim bahwa penyebab penembakan hari ini terletak pada undang-undang senjata atau mereka yang memiliki pandangan nasionalis tetapi ini semua omong kosong klise. Penyebab sesungguhnya dari pertumpahan darah di jalan-jalan Selandia Baru hari ini adalah program imigrasi yang memungkinkan kaum fanatik Muslim untuk bermigrasi ke Selandia Baru.”

Anning juga menulis bahwa umat Islam membunuh orang-orang dalam skala besar di seluruh dunia atas nama agama mereka. Dia melanjutkan, “Yang benar adalah bahwa Islam tidak seperti agama lain. Ini setara dengan agama dari fasisme. Dan hanya karena para pengikut kepercayaan biadab ini bukanlah para pembunuh dalam contoh ini tidak membuat mereka menjadi tidak bersalah.”

3. Galang Dana untuk Egg Boy

Setelah aksi Egg Boy terhadap Senator Anning viral, beberapa penggemar pemuda itu menggalang dana melalui situs GoFundMe untuk menunjukkan dukungan kepada Connolly. Hanya sepuluh jam setelah dibuat, dana USD5.000 terkumpul, lebih dari dua kali lipat dari tujuannya yakni USD2.000.

Halaman situs itu berbunyi: “Pahlawan kami EggBoi menghadapi Fraser Anning, senator untuk Queensland yang sekarang dihina di seluruh dunia atas komentar yang dibuat setelah penembakan di masjid Selandia Baru.”

Uang yang terkumpul untuk membiayai proses hukum yang dihadapi Connolly dan membeli banyak telor sebagai simbol perlawanan terhadap senator.

Orang-orang dari jauh, hingga Puerto Rico, merogoh saku mereka untuk berkontribusi pada laman Egg Boy, dan banyak yang menggunakan halaman itu untuk menulis tentang kemarahan terhadap Fraser Anning atas tanggapannya soal penembakan di Christchurch.

4. Trending Topic Twitter

Will Connolly, atau Egg Boy, menginspirasi banyak tweet, meme, dan sambutan hangat di media sosial. Tagar #eggboy adalah salah satu tren teratas di Twitter pada hari Sabtu. Pengguna media sosial memuji orangtua Egg Boy, karena membesarkan seorang pemuda yang banyak disebut “kredit untuk orangtuanya dan sistem pendidikannya.”

Pengguna media sosial lainnya menggali sejarah, tweeting tentang sebuah “insiden telur” lebih dari 100 tahun yang lalu yang dialami seorang perdana menteri Australia. Dan pengguna Twitter lain memposting foto ayam mereka sembari menulis, “Saya sedang mengumpulkan pasukan untuk melawan kaum fasis #eggboy.”

5. Anning Dihujat di Bandara

Beberapa pengguna Twitter mengatakan bahwa video Anning di bandara lebih baik daripada serangan Egg Boy. Di sebuah bandara, senator tersebut diteriaki seorang pria sembari merekamnya. “Anda punya penyesalan yang sangat buruk?,” teriak pria tersebut.

Tidak jelas kapan insiden di bandara terjadi. Tapi dalam insiden di bandara itu, Anning tidak memukul siapa pun. Dia terus berjalan diam melewati bandara ketika heckler mengikutinya dan memfilmkan seluruh kejadian. (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here