Fakta dan Sejarah Paskibraka

1628
Pasukan Paskibraka (Foto: inovasee.com)

Jakarta, Muslim Obsession – Menjadi anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) bukanlah hal yang mudah. Selain seleksi berlapis, para anggota juga harus melalui latihan mental, spiritual, dan kepemimpinan yang disebut Latihan Pandu Ibu Indonesia Berpancasila.

Pada dasarnya Paskibraka dibagi dalam tiga tingkatan, yakni Kota, Provinsi, dan Nasional. Mereka bertugas melakukan pengibaran dan penurunan bendera pusaka dan duplikatnya di masing-masing tingkatan tersebut. Oleh karena itu, Paskibraka pasti selalu menjadi objek utama di perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia.

Aksinya pada upacara kemerdekaan di Istana Negara selalu mencuri perhatian netizen. Aksi puluhan anak muda pilihan Indonesia ini selalu memukau setiap tahunnya. Tapi tahukah kalian pertama kali Paskibraka muncul?

Paskibraka sendiri merupakan singkatan dari Pasukan Kibar Bendera Pusaka. Dahulu, Paskibraka disebut sebagai Pasukan Pengerek Bendera Pusaka dan diubah pada 1973, saat itu Idik melontarkan suatu nama untuk Pengibar Bendera Pusaka dengan nama PASKIBRAKA. PAS berasal dari PASukan, KIB berasal dari KIBar mengandung pengertian pengibar, RA berarti bendeRA dan KA berarti PusaKA. Mulai saat itu, anggota pengibar bendera pusaka disebut Paskibraka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here