Erdogan Sumbang Lempengan Kaligrafi untuk Masjid Hagia Sophia

271

Muslim Obsession – Presiden Recep Tayyip Erdoğan menyumbangkan piring yang dihiasi kaligrafi ke Masjid Agung Hagia Sophia Istanbul, yang dibuka kembali untuk ibadah setelah 86 tahun.

Piring dibuat oleh ahli kaligrafi Mehmet Özçay dengan latar belakang hitam dengan emas, menampilkan ayat ke-159 dan 160 dari surat Ali Imran.

Sementara dua baris pertama ditulis dengan naksh, sebuah skrip kaligrafi yang lebih kecil dan bulat, baris kedua, ketiga dan keempat dibuat dengan jenis skrip kaligrafi lain yang disebut thuluth.

Piring yang berukuran 234 kali 350 sentimeter (92 kali 138 inci), ditempatkan di dinding dekat mimbar. Ayat ke-159 dan 160 berbunyi:

“Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu. Karena itu ma’afkanlah mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka, dan bermusyawaratlah dengan mereka dalam urusan itu . Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakkal kepada-Nya.”

“Jika Allah menolong kamu, maka tak adalah orang yang dapat mengalahkan kamu; jika Allah membiarkan kamu (tidak memberi pertolongan), maka siapakah gerangan yang dapat menolong kamu (selain) dari Allah sesudah itu? Karena itu hendaklah kepada Allah saja orang-orang mu’min bertawakkal.”

Piring itu juga mencantumkan nama pembuat kaligrafi dan tanggal sumbangannya. Di dalamnya juga terdapat tulisan: “Lempengan itu diberikan oleh Recep Tayyip Erdoğan ke Masjid Agung Hagia Sophia pada kesempatan dibuka kembali untuk beribadah.”

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here