Era Digital Jadi Kebutuhan, Menag Minta Jajarannya Siapkan Layanan Serba Digital

454
Menag Lukman
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. (Foto: Kemenag)

Palu, Muslim Obsession – Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin meminta jajaranya untuk segera menyiapkan layanan serba digital, hal itu dilakukan melihat perkembangan era digital yang kini sudah menjadi kebutuhan.

“Sudah saatnya kita mewujudkan layanan yang serba digital. Kita bermimpi, suatu saat layanan Kemenag dapat diakses masyarakat tanpa perlu datang ke kantor Kemenag. Semua dilakukan secara online,” ujarnya saat meninjau Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) di Palu, Sulawesi Tengah, Selasa (18/9/2018).

Inovasi ini, kata Lukman, harus terus dilakukan untuk menjawab kebutuhan masyarakat. Terlebih cakupan pelayanan Kemenag hampir mencakup seluruh peristiwa kehidupan.

“Jadi suatu saat, masyarakat tidak perlu lagi untuk datang saat ingin meminta surat rekomendasi pembangunan rumah ibadah misalnya,” jelasnya.

Sementara, penanggungjawab layanan PTSP Kemenag Sulteng, Ratna Muthmainah mengatakan pihaknya telah menyiapkan fitur layanan online PTSP.

“Ini yang membedakan layanan PTSP kami dengan layanan PTSP Kanwil lain yang sudah ada. PTSP kami segera dapat diakses juga secara online, sehingga masyarakat cukup mengunggah berkas yang dibutuhkan saja, kemudian memantau prosesnya secara online juga,” tukasnya.

Turut mendampingi Menteri Agama dalam kunjungannya, Dirjen Bimas Islam Muhammadiyah Amin, Dirjen Pendidikan Islam Kamarudin Amin, Staf Ahli Menteri Agama Oman Fathurahman, serta sejumlah pejabat eselon II Kemenag RI. (Bal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here