Enam Manfaat Menakjubkan Biji Bunga Matahari

243
Biji Bunga Matahari (Thewet-Nonthachai/Shutterstock)

Jakarta, Muslim Obsession – Biji bunga matahari rupanya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satunya untuk mencegah penyakit jantung.

Kuaci biji bunga matahari berwarna kehitaman, dan banyak mengandung vitamin B kompleks, vitamin B6, dan vitamin E. Komponen paling dominan pada minyak biji bunga matahari adalah asam lemak tak jenuh (88%), antara 44% hingga 72% adalah asam linoleat.

Dikutip dari berbagai sumber, kadar protein kuaci semangka dan biji bunga matahari masing-masing 28,3 g/100 g dan 22,8 g/100 g. Kadar lemak pada kuaci biji semangka 47,4 g/100 g dan biji bunga matahari 49,6 g/100 g.

Diperkirakan, dalam 100 gram biji bunga matahari mengandung sekitar 35,17 miligram vitamin E. Cukup banyak, bukan? Manfaat lain dari biji bunga matahari adalah sebagai berikut:

Mencegah Stroke

Seperti yang disebutkan sebelumnya, vitamin E yang dikandung oleh biji bunga matahari ini memainkan peran penting bagi kesehatan organ dalam. Vitamin E mencegah radikal bebas dari oksidasi kolesterol yang tidak hanya bisa mencegah penyakit jantung tapi juga serangan stroke.

Menghancurkan Lemak pada Tubuh

Ada beberapa makanan yang dipercaya dapat meningkatkan metabolisme tubuh Anda. Menurut sebuah studi, lemak tak jenuh ganda pada biji bunga matahari dapat menghancurkan lemak pada perut. Sementara itu, serat dari biji bunga matahari dapat menyerap air yang pada akhirnya akan memperlancar proses pencernaan.

Camilan yang Selamatkan Daya Ingat Anda

Biji-bijian, termasuk biji bunga matahari, juga merupakan sumber yang kaya akan vitamin E. Satu ons biji bunga matahari panggang kering, bisa mencukup sebagian dari asupan harian yang di rekomendasikan. Jenis makanan ini bisa ditaburkan sebagai tambahan untuk kudapan sore Anda, atau bahkan dicamil secara langsung.

Asupan Kaya Zat Besi Pencegah Anemia

Dalam 100 gram biji labu kuning terdapat 15 mg zat besi, yaitu sekitar 80% kebutuhan zat besi harian. Jenis biji-bijian lain yang kaya akan zat besi yaitu wijen (4mg) dan biji bunga matahari (2mg).

Menjaga Kecantikan Kulit

Vitamin E dalam biji bunga matahari dapat membuat kulit tetap elastis dan kencang.

Meningkatkan Kesuburan Wanita

Biji labu dan biji bunga matahari mengandung seng, mineral yang penting untuk menstabilkan progesteron, estrogen, dan testosteron selama masa ovulasi serta fase menstruasi siklus Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here