Empat Tokoh yang Memajukan Islam di Indonesia

261

Jakarta, Muslim Obsession – Di bumi Nusantara ini ada banyak tokoh Islam yang berperan besar dan memiliki pengaruh dalam sejarah pembaharuan Islam Indonesia. Mereka punya peran dan andil besar dalam menjaga dan memperbaharui Islam Indonesia dengan mendirikan organisasi Islam sebagai sarana perubahan di berbagai sendi kehidupan.

Kali ini, Muslim Obsession menampilkan empat tokoh besar yang diketahui memiliki peranan penting tersebut.

Dengan keilmuan keislaman dan kebangsaan yang matang, keempat tokoh pembaharu Islam ini mampu membawa masyarakat dari jurang kegelapan, khususnya membangun sipirit keilmuan dari penyakit kebodohan sejak era penjajahan kolonial. Bahkan mereka mampu ikut mengantarkan Indonesia ke pintu kemerdekaan.

1. KH. Ahmad Dahlan

Kiai Haji Ahmad Dahlan atau Muhammad Darwis ini lahir di Yogyakarta, 1 Agustus 1868. Pada tahun 1912, Ahmad Dahlan mendirikan organisasi Muhammadiyah untuk melaksanakan cita-cita pembaruan Islam di bumi Nusantara.

Dia ingin mengadakan suatu pembaruan dalam cara berpikir dan beramal menurut tuntunan agama Islam.

Ahmad Dahlan ingin mengajak umat Islam Indonesia untuk kembali hidup menurut tuntunan al-Qur’an dan al-Hadits. Perkumpulan ini berdiri bertepatan pada tanggal 18 November 1912. Dan sejak awal Dahlan telah menetapkan bahwa Muhammadiyah bukan organisasi politik tetapi bersifat sosial dan bergerak di bidang pendidikan.

Tidak hanya itu, Ahmad Dalan juga sebagai orang pertama yang memperkaasai Percetakan Persatuan yang mencetak banyak buku agama. Tokoh ini meninggal di Yogyakarta, pada 23 Februari 1923 pada umur 54 tahun). Atas jasa-jasanya itu, pemerintah telah menetapkan Ahmad Dahlan sebagai seorang Pahlawan Nasional Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here