Empat Resep Obati Malas Ibadah

211
Ilustrasi: Malas.

Muslim Obsession – Meski kita memahami pentingnya melaksanakan ibadah, namun seringkali rasa malas lebih menguasai. Alhasil, ibadah pun dilalaikan.

Mengutip akun Instagram Kalam Habib Umar, Al-Imam Al-Habib Abdullah bin Alwi Al-Haddad memberikan empat resep untuk mengobati rasa malas.

Seseorang bertanya kepada Al-Imam Al-Habib Abdullah bin Alwi Al-Haddad, “Apakah obat bagi orang yang berat untuk mengerjakan kebaikan (ibadah) dan condong kepada syahwatnya padahal dia adalah orang yang mencintai kebaikan dan mencintai orang baik, dia juga membenci kejelekan dan membenci orang yang berbuat jelek?”

Al-Imam Al-Habib Abdullah bin Alwi Al-Haddad menjawab, “Ketahuilah bahwa ada empat penyebab dalam masalah ini yaitu:

Pertama, kebodohan. Cara menghilangkannya adalah dengan mempelajari ilmu yang bermanfaat. Kedua, lemahnya iman. Cara menguatkannya, yaitu dengan merenungkan kekuasaan Allah dan melazimi amal-amal sholeh.

Ketiga, banyak angan-angan. Cara mengobatinya adalah dengan mengingat mati serta selalu merasakan akan datangnya kematian di setiap keadaan dan waktu. Keempat, memakan sesuatu yang syubhat. Dan cara selamat darinya adalah dengan cara menjadi orang yang wara’ bersamaan mengurangi konsumsi makanan yang halal.

Barangsiapa yang mengobati empat perkara tersebut dengan yang obatnya, maka dia akan menjadi orang yang gemar melakukan kebaikan (ibadah) dan tidak condong kepada syahwat.”

اللهم احينا بالايمان، اللهم امتنا بالايمان، اللهم احشرنا بالايمان وادخلنا الجنة مع الايمان

“Ya Allah hidupkan kami dengan iman, Ya Allah matikan kami dalam iman, Ya Allah bangkitkan kami dengan iman, dan masukkan kami ke surgamu dengan iman. Aamiin”.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here