Empat Permohonan yang Diajarkan Rasulullah Saat Ramadhan

152
Prof Quraish Shihab

Jakarta, Muslim Obsession – Bulan Suci Ramadhan adalah bulan penuh keberkahan. Oleh sebab itu, merupakan saat terbaik dan istimewa bagi kita untuk memanjatkan doa.

Apalagi pada saat 10 hari terkahir bulan Ramadhan ketika Allah Swt. membuka lebar-lebar pintu ampunan atau maghfirah.

Dilansir NU, Sabtu (16/5/2020) menurut ulama ahli tafsir, Muhammad Quraish Shihab dalam program Mutiara Hati SCTV selama Ramadhan, Nabi Muhammad Saw. menekankan beberapa hal ketika memaparkan khutbah Rasulullah saat menyambut bulan Ramadhan.

“Hendaklah kalian melakukan empat hal di bulan ini. Dua di antaranya menjadikan Allah ridha kepada kamu. Yaitu sering mengucapkan syahadat dan memohon selalu mendapat maghfirah, pengampunan Allah.”

Dijelaskan Quraish Shihab, Rasulullah juga mengatakan: “Jangan tidak, kalian hendaknya berusaha untuk mendapatkannya. Dua hal itu adalah memohon surga dan perlindungan Allah dari neraka.”

Lantas, apa yang dimaksud dengan memohon surga? Quraish Shihab menggarisbawahi satu hal. Memohon kepada Allah berbeda dengan memohon kepada manusia.

Sebagai contoh saat kita meminta seseorang untuk mengambilkan segelas air minum. Kita tidak akan dituntut untuk meninggalkan tempat dan pergi untuk mengambil gelas yang dibawakan. Yang perlu dilakukan hanya cukup duduk.

“Lain halnya jika kita memohon kepada Allah. Pada saat kita bermohon kepada-Nya, maka kita dituntut untuk berusaha,” tutur Pendiri Pusat Studi Al-Qur’an (PSQ) ini.

Dalam kesempatan lain, Penulis kitab Tafsir Al-Misbah ini juga mengajak seluruh umat Islam dengan memanjatkan doa seperti diajarkan Nabi Muhammad Saw. di bulan suci Ramadhan.

“Ya Allah jadikanlah kehadiran Ramadhan buat kami disertai dengan keamanan dan Keimanan, serta keselamatan dan keislaman. Afiat yang sempurna. Serta ketahanan dari aneka penyakit lagi mendukung kami dalam melaksanalan shalat, puasa, dan bacaan Al-Quran.”

“Ya Allah, arahkanlah kami menuju Ramadhan dan arahkan pula Ramadhan kepada kami. Serta terimalah Ramadhan dari kami hingga selesai dengan pengampunan, rahmat dan karunia-Mu. Aamiin.. Aamiin Ya Allah.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here