Empat Ciri Manusia yang Dilaknat Allah

342

Jakarta, Muslim Obsession – Dalam hadits Nabi diceritakan ada empat ciri manusia yang dilaknat Allah SWT. Informasi mengenai siapa orang-orang yang dilaknat Allah itu pernah disampaikan Rasulullah kepada sahabat Ali bin Abi Thalib yang juga merupakan menantu Nabi.

Sayyidina Ali termasuk sahabat yang dekat dengan Nabi. Kedekatannya dengan Rasulullah membuat Sayyidina Ali mendapatkan banyak informasi, terutama yang berkaitan dengan risalah kenabian. Maka tidak heran jika ada sahabat yang bertanya kepada Sayyidina Ali tentang suatu hal.

Hingga ada salah seorang sahabat yang ‘penasaran’ dengan Sayyidina Ali kalau-kalau ada pesan dari Rasulullah yang hanya diperuntukkan atau dikhususkan untuk Sayyidina Ali.

Dalam hadits Riwayat Muslim dari Abu Thufail Amir bin Watsilah disebutkan bahwa Rasulullah pernah memberitahukan kepada sahahat Ali tentang empat orang yang dilaknat Allah,

Pertama, Allah melaknat orang yang melaknat kedua orang tuanya. Dalam sebuah hadits, Rasulullah bersabda bahwa ridha Allah itu ada pada ridha orangtua dan murka Allah itu juga ada pada murka orangtua.

Dalam hadits lain, riwayat Bukhari dan Muslim dari Abdullah bin Amr bin Ash, Rasulullah menyebut kalau melaknat kedua orang tua termasuk dari dosa-dosa paling besar.

Kedua, Allah melaknat orang yang menyembelih hewan dengan menyebut nama selain Allah. Selain membuat Allah melaknat, menyembelih hewan dengan tidak menyebut nama Allah membuat hewan tersebut menjadi haram dikonsumsi.

Ketiga, Allah melaknat orang yang melindungi pendusta. Allah juga akan murka kepada seseorang yang melindungi pelaku kriminal, pencuri, dan pendusta.

Keempat, Allah melaknat orang-orang yang mengubah batas tanah. Selain dilaknat, orang-orang yang mengambil tanah orang lain secara zalim juga akan mendapatkan siksaan yang pedih di akhirat kelak.

Sesuai hadits Rasulullah, jenis orang keempat ini akan disiksa dengan dikalungkan padanya tujuh lapis bumi akibat mengubah batas tanah atau mengambil tanah orang lain secara zalim. (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here