Empat Ciri Anak Durhaka

435
Buya Yahya.

Jakarta, Muslim Obsession – Islam mengajarkan setiap anak wajib menghormati ayah dan ibunya. Bahkan ketika orangtua memiliki akidah yang berbeda, seorang anak yang beragama Islam harus tetap menghormati keduanya.

Salah satu cara menghormati ayah dan ibu antara lain dengan berkomunikasi yang baik kepada keduanya. Tentang ini Allah ‘Azza wa Jalla mengingatkan setiap anak melalui firman-Nya dalam QS. Al-Isra ayat 23-24.

“Dan Rabb-mu telah memerintahkan agar kamu jangan beribadah melainkan hanya kepada-Nya dan hendaklah berbuat baik kepada ibu-bapak. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah engkau mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah engkau membentak keduanya, dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik. Dan rendahkanlah dirimu terhadap keduanya dengan penuh kasih sayang dan ucapkanlah, ‘Ya Rabb-ku, sayangilah keduanya sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku pada waktu kecil.’”

Sungguh beruntung seorang anak yang bisa menyayangi kedua orangtuanya. Sebaliknya, celakalah seorang anak yang durhaka kepada keduanya karena tak mampu menghormati apalagi menyayangi ayah dan ibunya.

Yahya Zainul Ma’arif atau yang lebih akrab disapa Buya Yahya memberikan catatan tentang anak durhaka. Melalui akun Instagram, Rabu (13/11/2019), Buya menjabarkan empat ciri anak yang durhaka kepada orangtuanya.

Pertama, jika orangtuamu harus memilih diam karena takut engkau marah, maka sangat mungkin engkau adalah anak durhaka!

Kedua, jika orangtuamu harus berhati-hati dalam berbicara berbicara denganmu karna takut engkau marah, maka sangat mungkin engkau adalah anak durhaka!

Ketiga, jika orangtuamu takut memberi usulan yang baik untukmu karena takut engkau marah, maka sangat mungkin engkau adalah anak durhaka!

Keempat, jika orangtuamu takut mengungkapkan keinginanmu yang engkau mampu untuk memenuhinya karena takut engkau marah, maka sangat mungkin engkau adalah anak durhaka!

Anda memiliki ciri di atas? Semoga tidak. Nau’dzubillah!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here