Emak-Emak Zaman Now Tak Perlu…

321
Usamah - KKMB 2
Ketua Umum KKMB, H. Usamah Hisyam, saat memberikan pengarahan dalam pengajian Majelis Taklim KKMB, Rabu (17/1/2018). (Foto: Muslim Obsession)

Tangsel, Muslim Obsession – Ketua Umum Kerukunan Keluarga Muslim Bumi Serpong Damai (KKMB), H. Usamah Hisyam, mengaku senang dengan meningkatnya aspek keislaman di BSD. Salah satunya ditunjukkan oleh ibu-ibu muslimah yang saat ini rata-rata sudah berhijab.

Hal itu disampaikan Usamah saat memberikan pengarahan dalam pengajian majelis taklim KKMB bertema “Masuk Surga Sekeluarga” di Masjid Asy-Syarif Al-Azhar BSD, Tangerang Selatan, beberapa waktu lalu.

Usamah berkisah, ketika pertama kali dirinya didaulat menjadi ketum KKMB pada akhir Desember 2003, dirinya masih sulit melihat ibu-ibu warga BSD menggunakan hijab.

“Bahkan, hampir semua ibu-ibu yang menggunakan mobil mewah, seperti Mercedes, BMW, dan Volvo, umumnya turun dari mobil menggunakan span dan rok pendek dengan aurat yang terbuka,” ungkap Usamah.

Seiring waktu, lanjut Usamah, setelah KKMB menggerakkan pengajian secara rutin di 24 kluster di BSD, sekarang ini sulit melihat ibu-ibu turun dari mobil mewah tanpa menggunakan hijab.

“Saya bersyukur saat ini semua ibu muslimah BSD sudah menggunakan hijab,” ujarnya.

Kendati demikian, Usamah tetap mengingatkan ibu-ibu muslimah BSD untuk terus meningkatkan iman dan takwa kepada Allah ‘Azza wa Jalla. Menurutnya, akan lebih baik lagi bila ilmu yang didapat dari pengajian-pengajian di tingkat kluster maupun BSD City bisa diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Taklim KKMB
Jamaah pengajian Majelis Taklim KKMB memadati Masjid Asy-Syarif Al-Azhar, BSD.

“Emak-emak zaman now harus lebih banyak berbagi kepada anak yatim, piatu, fakir, dan miskin dalam bentuk zakat, infak, dan sedekah secara rutin. Kenapa? Karena berbagi itu salah satu cara kita untuk masuk surga,” kata Usmaah yang sudah tiga periode menjadi ketua umum KKMB.

“Tradisi berbagi ini juga harus ditularkan kepada anak-anak dan anggota keluarga,” tambahnya.

Selain itu, Usamah juga mengingatkan bahwa emak-emak memiliki peran penting mendorong para bapak agar datang ke masjid untuk melaksanakan Shalat Subuh berjamaah dan mendengarkan kultum (kuliah tujuh menit).

Di Masjid Asy-Syarif Al-Azhar BSD yang dikelola KKMB, jelas Usamah, setiap ba’da Shalat Subuh terdapat kultum dan kajian Islam dengan pemateri yang berbeda. “Nah, bilamana ini dilakukan oleh warga muslim BSD, insya Allah seluruhnya kita akan masuk surga,” ucapnya.

Pada kesempatan itu Usmah juga mengaku gembira karena saat ini ia jarang melihat atau mendengar ibu-ibu muslimah BSD yang senang berselfie di mall atau café resto untuk memamerkan tas branded-nya.

“Tas branded berapapun harganya itu tidak akan membawa ke surga. Tapi kalau uang itu digunakan untuk berbagai kepada anak yatim, maka itulah jalan pintu masuk surga,” jelas Usamah.

Oleh karenanya, Usamah meminta jamaah majelis taklim untuk tidak lagi pamer kekayaan. Menurutnya, akan lebih baik lagi jika jamaah mulai peduli pada ibu-ibu tua yang menyapu jalan di BSD.

“Saya pernah terenyuh, ketika suatu pagi melihat seorang ibu behenti di depan Taman Kota 1. Dia turun membuka bagasi Mercy-nya, mengangkat sendiri beberapa paket beras 5 kilogram, lalu diserahkan kepada beberapa ibu-ibu lansia penyapu jalan. Saya pikir, kalau semua ibu di BSD bisa berbagi seperti itu, Subhanallah!,” tandas Usamah. (Fath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here