El Salvador Negara Pertama yang Jadikan Bitcoin Mata Uang Resmi

67
Bitcoin (Foto: money.howstuffworks.com)

Muslim Obsession – El Salvador menjadikan Bitcoin sebagai mata uang resmi dan alat pembayaran yang sah negara untuk pertama kalinya dalam sejarah negara itu dimulai pada Selasa.

Mata uang digital adalah mata uang resmi El Salvador di samping dolar Amerika Serikat (AS), sebuah langkah yang pasti akan menarik perhatian pada peluang dan risiko terkait dengan mata uang kripto.

Tepat sebelum tengah malam waktu setempat pada hari Senin, Presiden El Salvador Nayib Bukele, mengumumkan bahwa negara itu akan “membuat sejarah” setelah mengumumkan bahwa pemerintah membeli 400 Bitcoin, setara dengan sekitar USD21 juta dengan harga saat ini.

Pemerintah menciptakan dana USD150 juta untuk mendukung konversi bitcoin ke dolar AS dan 200 ATM telah dipasang di seluruh negeri untuk beroperasi dengan Bitcoin dan dolar.

Warga Salvador dapat mengunduh “Chivo”, dompet digital pemerintah untuk menerima USD30 di Bitcoin.

Pemerintah mengatakan langkah itu akan menguntungkan mereka yang tinggal di luar negeri dengan menghemat jutaan dolar dalam komisi pengiriman uang mengingat transaksi semacam itu menyumbang lebih dari 23 persen dari produk domestik bruto negara itu, menurut angka dari Bank Dunia.

Tetapi pemungutan suara di negara itu mengungkapkan sebagian besar masyarakat Salvador skeptis tentang Bitcoin dan memiliki kekhawatiran tentang bagaimana hal itu akan mempengaruhi pendapatan mereka.

Sebuah survei baru-baru ini mengungkapkan bahwa tujuh dari 10 orang Salvador mengatakan bahwa mereka “tidak setuju atau sangat tidak setuju” dengan penggunaan Bitcoin dan mereka lebih memilih dolar.

Badan-badan internasional seperti Bank Dunia dan Dana Moneter Internasional juga telah memperingatkan terhadap adopsi cryptocurrency dengan mengatakan itu dapat meningkatkan risiko bagi lembaga keuangan.

Presiden berusia 40 tahun, yang menurut pemilu baru-baru ini didukung oleh lebih dari 80 persen rakyat Salvador, mengatakan Bitcoin dapat membantu meningkatkan pembangunan ekonomi dan lapangan kerja.

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here