Efek Samping dan Manfaat Kesehatan Minum Teh Hijau

2551
Manfaat dan Bahaya Minum Teh Hijau (Foto: Istimewa)

Muslim Obsession – Teh hijau telah dikenal di seluruh dunia sebagai minuman yang bermanfaat bagi kesehatan. Telah banyak penelitian yang membuktikan berbagai manfaat dari mengonsumsi teh hijau.

Namun, adakah batas maksimal konsumsi teh hijau? Benarkah mengonsumsi teh hijau terlalu banyak dapat berakibat negatif bagi kesehatan?

Manfaat kesehatan teh hijau

Memiliki nama latin Camellia sinensis, teh yang berasal dari Cina ini kini telah dibudidayakan di seluruh dunia. Diperkirakan, teh hijau telah marak dikonsumsi oleh masyarakat Cina sejak abad ke 900 sebelum Masehi.

Tak hanya di Cina, teh hijau kini telah menjadi minuman yang sangat populer di dunia – termasuk di Indonesia – selain kopi. Lantas, apa yang membuat teh hijau terkenal ke seantero dunia?

  • Kaya antioksidan

Teh hijau kaya akan polifenol, zat yang bersifat antiinflamasi dan dapat membantu melawan kanker. Selain itu, teh hijau terkenal akan kandungan antioksidannya yang kuat bernama EGCG. Antioksidan berfungsi untuk melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas yang dapat menjadi akar dari berbagai penyakit dan penuaan.

  • Menyegarkan seperti Kopi

Tidak hanya kopi, teh hijau juga mengandung kafein, suatu stimulan yang dapat membuat Anda menjadi lebih segar dan fokus. Selain itu, berbagai penelitian juga menemukan bahwa kafein dapat meningkatkan mood dan memori seseorang.

  • Langsing dengan Teh Hijau

Teh hijau dapat menjadi salah satu solusi bagi Anda yang ingin merampingkan tubuh. Teh hijau dapat meningkatkan pembakaran lemak dan laju metabolisme, sehingga dapat membantu menurunkan berat badan.

2 KOMENTAR

  1. Artikel yang menarik dan bermanfaat. Salah satu dosen dari Universitas Airlangga, Indonesia melakukan penelitian bahwa teh hijau apabila di konsumsi secara rutin dapat mengurangi resiko infeksi serta dapat menstimulasi sistem kekebalan tubuh. Untuk artikel lebih lengkapnya akan saya bagikan link artikel di bawah ini. Selamat membaca dan semoga bermanfaat.
    http://news.unair.ac.id/2020/04/07/kurangi-risiko-infeksi-dengan-konsumsi-teh-hijau-secara-rutin/
    Sekian dan Terima Kasih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here