Dzikir Pagi dan Sore Ibarat Baju Besi

1482
Dzikir (Foto: medium)

Jakarta, Muslim Obsession – Tahukah Sahabat, salah satu gerbang pertolongan Allah yang memiliki derajat sangat tinggi adalah dzikrullah.

Dalam Al-Quran Allah Swt. berfirman:

“Dan bertasbihlah kepada-Nya di waktu pagi dan sore, Dialah yang memberi rahmat kepadamu dan malaikat-Nya (memohonkan ampunan untukmu), supaya Dia mengeluarkan kamu dari kegelapan kepada cahaya (yang terang). Dan adalah Dia Maha Penyayang kepada orang-orang yang beriman.” (QS. Al-Ahzab [33]: 42-43).

Selain itu, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda soal perintah dzikir, di antaranya:

وَاسْتَعِينُوا بِالْغَدْوَةِ وَالرَّوْحَةِ وَشَيْءٍ مِنْ الدُّلْجَةِ

Gunakanlah waktu pagi dan waktu sore, serta sebagian waktu malam untuk beribadah. (HR. Bukhari 39).

Imam Ali Al-Qori menjelaskan, bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam mengajarkan dzikir setip pagi dan sore, dan dua waktu ini adalah waktu istirahat dan waktu orang lalai.

Di samping itu, dua waktu ini menjelang pergantian suasana hari, dari gelap ke terang atau terang ke gelap. Sehingga manusia butuh perlindungan untuk modal melintasi waktu malam atau waktu siang.

Sedangkan Ibnu Qoyim mengibaratkan dzikir pagi dan sore ibarat baju besi. Semakin banyak lapisan lempengnya, senjata tidak akan bisa menembus pemakainya.

Bahkan, kekuatan baju besi bisa mencapai keadaan, di mana tombak bisa mental dan balik menyerang orang yang melemparnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here