Dukung Penuh Palestina, Belasan Aktivis Indonesia Deklarasikan Aliansi Kemanusiaan Palestina di Turki

117
Aliansi Kemanusiaan Palestina (AKP) di Osmangazi & Orhangazi Türbeleri di Kota Bursa-Turki, Ahad (30/5/2021).

Bursa, Muslim Obsession – Belasan aktivis kemanusiaan asal Indonesia mendeklarasikan Aliansi Kemanusiaan Palestina (AKP) di tempat bersejarah, Osmangazi & Orhangazi Türbeleri  di Kota Bursa-Turki, Ahad (30/5/2021).

Koordinator AKP, Dicky Irawan mengatakan pemilihan kawasan makam pendiri Ottoman sebagai tempat deklarasi, merupakan simbol keseriusan tekad AKP untuk terus berjuang bagi Palestina.

“Kami ingin mengambil semangat imperium Ottoman dalam menjaga Palestina hingga akhir masa,” kata Dicky dalam keterangan persnya, Senin (31/5/2021).

Deklarasi itu dilakukan usai penyerahan bantuan untuk rakyat Palestina dari masyarakat Indonesia melalui lembaga  Gaza Destek Dernegi (GDD), NGO asal Palestina yang merupakan mitra resmi PBB.

“Kami ingin memastikan amanah dari masyarakat Indonesia tersalurkan dengan baik, karena itu kami memilih Gaza Destek Dernegi yang juga mitra UNRWA,” ungkap Dicky.

Dalam kesempatan yang sama, juru bicara AKP Chairul Subhi mengatakan, aliansi yang beranggotakan 22 komunitas dan lembaga kemanusiaan itu akan menyusun beberapa program, mulai dari edukasi hingga aksi kemanusiaan.

“Insya Allah di Indonesia nanti, kami akan mengajak lebih banyak komunitas dan lembaga untuk bergabung,” tambahnya.

Karena, kata Subhi, perjuangan untuk mendukung Palestina merdeka harus terus dilakukan, khususnya di ranah kemanusiaan.

“Makin banyak masyarakat Indonesia yang aware terhadap kondisi di Palestina, akan semakin baik,” ungkapnya.

Saat ini, lanjut dia, AKP diprakarsai oleh Asar Humanity, Sedekah Nusantara, Askar Kauny, Husnul Khotimah Peduli, Forum Islamic Village Bersatu, Maharani Peduli, Pemuda Jampang, Komunitas Ibu Sehat Bahagia, Institut Fundraising Indonesia, Yayasan Sahabat Qur’an Mulia, Amal Sholeh.com, Dash ID, Relawan Emak Siap Aksi, kprcm Peduli, Gerakan Sedekahku, Peduli Insan Mulia, Kalengers, Majlis Ta’lim Baitusyaakirin, Ruang Peduli, dan Semangat Ibu Nagari Indonesia.

Sementara itu, Partnership GDD Kawasan Asia Tenggara, Muhammad Faqihus Syar’i menyambut baik deklarasi AKP.

“Kami mendukung penuh aliansi ini, semoga makin solid dalam memperjuangkan kemerdekaan Palestina,” kata dia.

GDD, lanjutnya, telah mengimplementasikan 1.187 program yang telah memberikan manfaat kepada 2.796.386 penerima manfaat, dengan pendanaan dari 117 dermawan dari 31 negara di seluruh dunia.

“Kami juga telah mengadakan tiga konferensi internasional untuk Emergency Respons di Jalur Gaza, menerbitkan laporan tahunan tentang situasi kemanusiaan di Jalur Gaza,” pungkasnya. (**)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here