Dukung Palestina, Pejabat Israel Kritik Bintang Harry Potter Emma Watson

67

Muslim Obsession – Keberanian aktris Inggris Emma Watson yang menyuarakan solidaritas untuk Palestina di media sosial, rupanya tidak hanya menuai pujian dari pengguna media sosial pro-Palestina, tetapi juga menuai reaksi dari pejabat Israel.

Watson, yang terkenal karena perannya dalam film Harry Potter sebagai Hermione Granger, mem-posting ulang postingan Mei dari Bad Activists Collective di akun Instagram pribadinya.

Postingan tersebut menunjukkan aktivis pro-Palestina berbaris dengan kata-kata “Solidaritas adalah kata kerja” yang ditampilkan secara mencolok pada gambar.

Aktris berusia 31 tahun itu memberi judul postingannya dengan kutipan dari sarjana Inggris-Australia Sara Ahmed yang mengatakan dengan tegas bahwa solidaritas melibatkan komitmen dan kerja, serta pengakuan bahwa bahkan jika kita memiliki perasaan yang sama atau kehidupan yang sama, atau tubuh yang sama, kita hidup di tanah yang sama.

Postingan Watson dengan cepat mengundang reaksi dari pengguna Instagram yang mendominasi memujinya. Pengguna media sosial pro-Palestina bahkan berkomentar, mengungkapkan rasa terima kasih mereka atas dukungannya, lengkap dengan emoji bendera Palestina, banyak dengan tagar #FreePalestine dan #PalestineWillBeFree.

Tidak hanya dikenal karena perannya di layar lebar, Watson juga dikenal luas sebagai duta besar PBB.

Namun, selain pujian, postingan tersebut tampaknya juga mengundang kritik negatif dari utusan Israel untuk PBB, Gilad Erdan, yang mengkritik bintang tersebut di Twitter secara implisit, mengatakan bahwa tindakannya adalah fiksi yang tidak dapat berjalan dalam kenyataan.

Pendahulunya, Danny Danon, juga bergabung dengannya, menuduh Watson ‘menjadi antisemit’.

Di sisi lain, Leah Greenberg, direktur eksekutif kelompok progresif Indivisible Guide, menolak tuduhan Danon, dengan mengatakan bahwa itu adalah “demonstrasi sempurna dari persenjataan antisemitisme yang benar-benar sinis dan itikad buruk untuk menutup ekspresi dasar solidaritas dengan rakyat Palestina.” (Vina)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here