Dukung Ibadah Umat Muslim, Filipina Bangun Terminal Haji

474
Ilustrasi Jamaah Haji (Foto: Radar Jogja)

Mindanao, Muslim Obsession – Direktur Pengembangan Kewirausahaan Mindanao (Minda) Reyzaldy Tan mengatakan akan membangun terminal haji di Picong, Lanao del Sur. Dengan tujuan untuk membantu umat Muslim dalam menghemat biaya perjalanan.

Tan mengatakan berdasarkan dari studi yang dilakukan oleh Minda, sebuah keluarga Muslim dapat menghemat sekitar P144.000 hingga P200,000 dari biaya perjalanan untuk naik haji ke Makkah, Arab Saudi.

Berdasarkan penelitian Minda, biayanya hanya sekitar P200.000 hingga P220,000 untuk naik haji ke Arab Saudi.

“Kami memiliki sekitar 6.000 jamaah haji di Filipina dan 80 persen dari jumlah itu berasal dari Mindanao,” kata Tan seperti dilansir Sun Star, Senin (10/12/2018).

Tan mengatakan selama Konvensi Ekonomi Mindanao, terminal haji tersebut berlokasi strategis di Picong untuk mengakomodasi mereka di Bangsamoro.

Dia berharap nantinya Picong bisa menjadi pusat logistik di Mindanao. Serta dapat menarik lebih banyak pencari bisnis dalam meningkatkan kegiatan ekonomi di tempat itu. Juga membawa lebih banyak orang ke Picong terutama Muslim.

Tan menggarisbawahi pentingnya untuk mengakui tradisi Muslim dan mendukung agama Muslim Filipina terutama di Mindanao.

Catatan Otoritas Statistik Filipina menunjukkan Mindanao memiliki total 5.646.000 penduduk Muslim.

Umat ​​Muslim membentuk sekitar 23.39 persen dari seluruh populasi pulau itu dengan lebih dari separuh menduduki Wilayah Otonom di Mindanao Muslim.

Sementara itu, Tan mengatakan terminal haji yang diusulkan juga akan membahas masalah akomodasi bagi para peziarah haji.

Terminal haji tersebut juga akan memiliki fasilitas bea cukai, imigrasi, karantina, dan keamanan; terminal penumpang; fasilitas tidur; fasilitas persiapan makanan; dan masjid. (Vina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here