Dukung Hasil Pemilu, FPMSI Gelar Diskusi dan Deklarasi

332
Ilustrasi Data KPU
Mencari informasi hasil pemilu 2019. (Foto: Edwin B/Muslim Obsession)

Jakarta, Muslim Obsession – Menyikapi dinamika politik nasional pasca pengumuman resmi hasil Pemilu 2019, Forum Pegiat Media Sosial Independen (FPMSI) akan mengadakan diskusi serta buka puasa bersama komunitas warganet, Rabu (22/5/2019).

Gelaran yang dilaksanakan di Cafe Omah Bintang Jl. Tebet Raya No.73, Jakarta Selatan, ini melibatkan Blogger, Vloger, Youtuber, dan content creator dengan tema “Peran Warganet dalam Mendukung Legitimasi Hasil Pemilu 2019”.

Ketua panitia Hafyz Marshal menjelaskan, diskusi dimaksudkan sebagai sarana untuk meningkatkan literasi di media sosial di tengah upaya politik masyarakat khususnya warganet dalam mengawal demokrasi yang konstitusional.

“Acara ini tujuannya untuk menguatkan kesadaran warganet dalam memperkokoh oartisipasi demokrasi yang konstitusional,” kata Hafyz dalam keterangan tertulisnya, Rabu (22/5/2019).

Menurutnya, saat ini warganet serta masyarakat dibuat bingung dan resah dengan berbagai isu yang disebar di media sosial. Kondisi ini, menurutnya, berhasil mengurangi kepercayaan masyarakat terhadap hasil keputusan penghitungan resmi oleh KPU yang merupakan mekanisme konstitusional.

“Media sosial mempunyai peranan besar bagi ruang partisipasi demokrasi, seharusnya dapat dimanfaatkan sebagai sarana literasi mencerdaskan bangsa dalam membentuk opini yang positif dan menumbuhkan optimisme untuk kemajuan bangsa. Seharusnya konten yang beredar di media sosial harus betul-betul obyektif dan bukan informasi yang manipulatif bahkan fitnah yang berdampak memecah belah anak bangsa,” ujar Hafyz.

Diskusi yang akan dilaksanakan Rabu sore tersebut akan menghadirkan narasumber, di antaranya Eko Kuntadhi (Pegiat Media Sosial) dan Agus Khudori (Kordinator Gerakan Letirerasi Terbit/GESIT. (Fath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here