Dubes AS Tergiur Investasi di Sulut

528
Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Joseph R. Donovan Jr.

Manado, Muslim Obsession – Duta Besar (Dubes) Amerika Serikat untuk Indonesia, Joseph R. Donovan Jr, mengaku tertarik untuk berinvestasi di Sulawesi Utara.

Pernyataan itu disampaikan Dubes Donovan saat berkunjung ke Manado. Pada pembukaan acara latihan militer bersama Amerika dan angkatan udara Indonesia “Cope West” yang diselenggarakan 12-23 Maret 2018 di Pangkalan Udara TNI AU Sam Ratulangi Manado.

“Ini pertama kalinya saya berkunjung ke Sulawesi Utara. Banyak hal yang telah saya pelajari di sini. Saya sangat tertarik dengan peluang investasi di bidang pembangkit listrik dan pengolahan sampah,” ucap Donovan di Kantor Gubernur Sulawesi Utara di Manado, Senin (12/3/2018).

Bahkan, Donovan mengaku dirinya siap mengundang para pengusaha di AS untuk menanamkan modalnya di Sulut, sehingga kemitraan antara keduanya semakin kuat.

Dubes Donovan melakukan kesepakatan kerja sama dengan Kepada Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey. Mulai dari investasi pembangkit listrik, pengolahan sampah, pariwisata, hingga pendidikan.

“April nanti saya ke Amerika Serikat bertemu dengan para pengusaha untuk memaparkan semua peluang bisnis di Sulawesi Utara, termasuk di bidang pariwisata,” katanya.

Selain kerja sama di bidang pembangkit listrik, pengolahan sampah dan pariwisata, Dubes Donovan berencana meningkatkan hubungan di bidang pendidikan, melalui peningkatan jumlah pelajar Sulut yang dikirim kuliah ke AS.

“Kemitraan strategis Amerika Serikat dengan Indonesia dimulai dari tingkat lokal. Salah satunya dengan mendorong pemuda dari Sulawesi Utara untuk belajar di Amerika Serikat. Saya tadi bertemu putera Gubernur (Rio Dondokambey) yang baru menyelesaikan studi di sana,” katanya.

Donovan menyebutkan besarnya peluang bagi pelajar Sulut untuk melanjutkan studi di AS karena kemudahan pengurusan administrasi.

“Saat ini paling mudah untuk mendapatkan visa belajar, 97 persen pengajuan visa belajar disetujui pemerintah AS,” beber Donovan.

Ia mengatakan, saat ini ada 9000 mahasiswa indonesia yang belajar di Amerika. Dirinya ingin agar jumlah itu dapat terus bertambah.

“Banyak program beasiswa ke Amerika yang kami tawarkan. Di antaranya Fullbright Fellowship, beasiswa Usaid serta LPDP,” ujarnya.

Donovan menuturkan, program studi ke Amerika tersedia setiap waktu. Ia menegaskan, tak ada hambatan politis bagi mahasiswa Indonesia untuk menuntut ilmu di Amerika.

Sementara itu, Gubernur Sulut menyambut baik Kedatangan Duta Besar AS untuk Indonesia itu. Menurutnya, hal ini menunjukkan Sulawesi Utara memang diminati para investor untuk berinvestasi. Apalagi akan dipromosikan langsung oleh duta besarnya. (Vina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here