Dua Turis Menari Tak Senonoh di Depan Masjid Kinabalu  

536
Masjid Kinabalu Malaysia (Foto: Says)

Malaysia, Muslim Obsession – Malaysia kecewa terhadap ulah dua turis wanita yang menari di dinding beton depan Masjid Kota Kinabalu, Ahad (24/6/2018) waktu setempat. Aksi mereka tersebut terekam dalam video yang beredar luas di Facebook.

Dalam video itu, tampak dua wanita mengenakan celana pendek tengah menari secara sinkron. Sementara dua orang lainnya terlihat fokus merekam. Video berdurasi sembilan detik tersebut nyaris menyedot 300 ribu viewers. Akibatnya, Malaysia melarang sementara para turis untuk mengunjungi Masjid Kinabalu.

“Pihak manajemen menyatakan kekecewaan sepenuhnya atas tindakan beberapa wisatawan. Meskipun sebelumnya, mereka telah diberi penjelasan tentang kode etik ketika berada di kompleks masjid,” ungkap ketua Masjid Kota Kinabalu, Jamal Tun Sakaran, seperti dilansir Channel News Asia, Senin (25/6/2018).

Dia juga mengatakan bahwa semua bus ekspres, kendaraan Grab, dan taksi tidak diizinkan membawa turis ke masjid dan sekitarnya, meskipun untuk parkir di kompleks masjid. Kecuali, taksi yang terdaftar dan diizinkan oleh pihak manajemen masjid.

Lebih lanjut, dalam upaya untuk menegakkan citra dan kesucian Islam serta masjid, manajemen berencana untuk mengadakan diskusi lebih lanjut dengan operator tur. Mereka juga akan mempekerjakan lebih banyak korps sukarelawan sipil untuk menjaga gedung dan kompleksnya.

Sementara itu, Asisten Menteri Pariwisata, Kebudayaan dan Kementerian Lingkungan, Assafal Alian mengatakan, meskipun insiden dengan turis seperti ini kerap terjadi di mana-mana, namun Malaysia tidak akan diam saja.

“Kami menghargai perhatian para netizen dan kewaspadaan mereka pada hal-hal seperti ini. Kita semua dapat bekerja sama untuk memastikan wisatawan menikmati liburan mereka, dan pada saat yang sama, mereka juga harus menghormati budaya dan keyakinan warga Malaysia,” kata Assafal. (Vina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here