Dua Siswa Madrasah Aliyah Raih Medali Perak Seleksi WMI Indonesia

670
WMI 2018 (Photo: Kemenag)

Pati, Muslim Obsession – Dua siswa Madrasah Aliyah asal Indonesia meraih medali pada Preelemenary Round Indonesia World Mathematics Invitational (WMI) 2018.

Kedua siswa tersebut adalah Siti Rohmah dari Madrasah Aliyah Salafiyah Kajen Margoyoso Pati dan Septiana Rohmawati dari Madrasah Aliyah Abadiyah Gabus Pati. Keduanya terpilih mewakili Indonesia dalam final WMI di Korea Selatan pada 13-17 Juli 2018 mendatang.

WMI merupakan kompetisi matematika dalam bentuk level grade (berdasarkan kelas), dari level kindergarden, primary (grade 1-6), secondary (grade 7-9) dan JC (grade 10-11).

WMI 2018 yang akan digelar di Korea Selatan ini diikuti kurang lebih 3000 peserta dari berbagai negara, di antaranya Amerika, China, Filipina, Thailand, Singapur, Malaysia, Nigeria, Macau, Iran, Hongkong. Selain itu, ada peserta baru tahun 2018, yaitu dari Inggris, Bulgaria, Kazakstan, Kambodja, dan Myanmar.

Guru pembimbing Siti Rohmah, Moch. Ikhwan, mengaku senang dengan capaian peserta didiknya. “Di Madrasah Aliyah, kami mengadakan pembimbingan khusus Matematika. Dua sampai tiga kali dalam seminggu. Menjelang kompetisi, bimbingan semakin diintensifkan,” ungkap Moch. Ikhwan saat ditemui di madrasah, Pati, Jumat (20/4/2018).

Untuk persiapan di Korsel, Moch. Ikhwan mengaku masih melatih Siti Rohmah dalam penguatan bahasa. Sebab, soal yang akan digunakan nantinya berbahasa Inggris.

“Jadi, Siti Rohmah membutuhkan waktu yang relatif lama, terutama soal-soal dalam bentuk cerita,” tambah Ikhwan, sebagaimana dilansir Kemenag, Jumat (20/4/2018).

Namun demikian, keberangkatan dua siswa berprestasi ini ke Korea Selatan belum bisa dipastikan. Wakil Kepala Madrasah Aliyah bidang Kesiswaan Ahmad Sulhan dan Kepala MA Abadiyah Pati Abdul Halim mengaku belum yakin apakah anak-anak mereka akan berangkat ke Negeri Gingseng.

“Kami belum bisa menjanjikan apakah Siti Rohmah akan ikut ke Korea Selatan atau tidak. Sampai sekarang belum ada anggaran biaya yang pasti untuk itu. Namun, kami akan berusaha mencari bantuan dan pantang menyerah demi anak-anak kami,” ujar Sulhan. (Vina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here