Drastis! Partisipasi Wanita Saudi dalam Olahraga Naik 150 Persen

113

Jeddah, Muslim Obsession – Menteri Olahraga menyampaikan bahwa partisipasi wanita dalam olahraga di Arab Saudi telah melonjak hampir 150 persen sejak 2015.

Pangeran Abdul Aziz bin Turki Al-Faisal mengatakan perubahan besar sebagai bagian dari rencana reformasi Visi Saudi 2030 dan pengaruh Putri Reema binti Bandar bin Sultan telah menjadi faktor utama yang berkontribusi pada kesuksesan.

Sang menteri memuji sang putri sebagai panutan hebat yang telah menginspirasi teman-teman dan negaranya melalui pencapaian olahraganya, memainkan peran penting dalam mempromosikan partisipasi massa dalam olahraga dan melaksanakan pekerjaan penting di dewan dan sebagai anggota komite wanita dan olahraga Komite Olimpiade Internasional (IOC).

Dilansir Arab news, Jumat (1/1/2021) Putri Reema baru-baru ini mengambil bagian dalam Forum Kesetaraan Gender dan Kepemimpinan Wanita pertama, yang diselenggarakan oleh Komite Olimpiade Arab Saudi (SAOC) dan Federasi Taekwondo Internasional, yang menargetkan kesejahteraan wanita dalam olahraga.
Mengikuti kepemimpinannya, banyak wanita berprestasi telah terpilih sebagai anggota organisasi olahraga internasional.

Mereka termasuk Putri Haifa binti Mohammed, yang menjadi ketua komite wanita Uni Arab, dan Putri Reham binti Saif Al-Islam yang ditunjuk sebagai anggota komite wanita Arab Swimming Federa- tion.

Pelatih tinju wanita pertama Kerajaan, Rasha Al-Khamis, menjadi anggota komite wanita untuk organisasi tinju Asia, Abrar Bukhari duduk di komite wanita Federasi Taekwondo Asia, dan Sarah Al-Fayez terpilih sebagai anggota Asian. Komite media Konfederasi Sepak Bola (AFC).

Asma Al-Yamani, sementara itu, menjadi anggota Komite Tur Tenis Dunia, Aseel Al-Hamad dinominasikan sebagai anggota Komite Olahraga Motor Wanita di Federasi Olahraga Motor Internasional, dan Haya Al-Dossary mengambil peran tersebut. sebagai anggota komite pemasaran untuk Asia Barat dari Federasi Tenis Meja Internasional.

Selain itu, Adwaa Al-Arifi menjadi anggota AFC dan Konfederasi Sepak Bola Arab, dan Dr. Razan Baker ditunjuk sebagai ketua komite olahraga wanita Federasi Bowling Internasional.

Olahragawan wanita Saudi juga telah menorehkan sekitar 100 medali dalam acara di tingkat regional dan internasional.

Anggar menduduki puncak daftar prestasi olahraga wanita Saudi. Federasi olahraga tersebut telah menjadi salah satu pemimpin dalam berinvestasi dalam pelatihan wanita dari segala usia, dengan akademi di Jeddah, Riyadh, dan Provinsi Timur.

Anggar telah mengantarkan sekitar 29 medali termasuk empat perunggu dalam epee event di Arab Games 2016 yang diadakan di Riyadh. Pada tahun 2018, pemain anggar Saudi mengantongi satu medali perak dan tiga perunggu di Juara Anggar Arab Junior di Yordania, dan pada tahun yang sama mereka membawa pulang perunggu dari Kejuaraan Anggar Arab di Tunisia.

Dalam kejuaraan anggar junior Kuwait 2019, mereka meraih satu emas, satu perak, dan lima perunggu, dan mengumpulkan satu emas dan dua perunggu di Kejuaraan Anggar Babak Kualifikasi Asia- di tahun yang sama di Riyadh.

Pada tahun 2020, mereka memenangkan dua medali perak di Turnamen Olahraga Wanita Arab di Sharjah, dan satu medali perak dan dua perunggu di Kejuaraan Pagar Pemuda dan Junior Manama.
Di Kejuaraan Konfederasi Virtual, tim anggar putri mendapatkan medali emas, perak, dan perunggu tunggal.

Juara kedua diraih judokas dengan 15 medali, semuanya diraih pada 2019. Dua medali emas, dua perak, dan delapan perunggu berasal dari Kejuaraan Judo Internasional Estonia; satu emas, perak, dan perunggu datang di Kejuaraan Judo Asia Barat.

Tak mau kalah di posisi ketiga adalah para wanita taekwondo peraih satu emas, dua perak, dan empat perunggu dari kejuaraan GCC 2019 dan 2020 serta Taekwondo Arab.

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here