Dr Omar Atiq, Muslim Pertama yang Jadi Presiden Organisasi Medis Terbesar di AS

59

Muslim Obsession – Dr Omar Atiq adalah keturunan Pakistan pertama yang dinominasikan sebagai presiden American College of Physicians (ACP) berikutnya dan lulusan kedokteran internasional kedua yang dipilih untuk posisi ini. Pemilihan, meskipun satu kali, akan diadakan pada Januari 2022.

Mengingat reputasi ACP sebagai organisasi medis khusus terbesar di AS dengan anggota di lebih dari 145 negara di seluruh dunia, pasti akan menjadikan momen ini bersejarah bagi Pakistan.

Sekitar 154.000 dokter penyakit dalam (internis), subspesialis terkait, dan mahasiswa kedokteran terdaftar sebagai anggota ACP.

Dilansir The Islamic Information, Jumat (1/10/2021) Dr Omar Atiq, seorang profesor kedokteran dan THT diangkat oleh ACP sebagai Ketua Dewan Gubernur pada April 2019. Ia telah menjadi anggota ACP sejak 1993.

Ia belajar di Khyber Medical College, University of Peshawar, Pakistan untuk mendapatkan gelar kedokterannya.

Dr Atiq yang berbasis di Arkansas, pertama kali dikenal dan mendapat apresiasi global atas karya amalnya.

Dia menghapus utang $ 650.000 untuk hampir 200 pasiennya yang menderita kanker pada Desember 2019.

Baca Juga: Dokter Muslim di AS Bebaskan Biaya 200 Pasien Kanker Senilai Rp9 Miliar

Setelah dia bekerja dengan perusahaan penagih utang untuk menagih pembayaran yang belum dibayar, dia menyimpulkan bahwa banyak keluarga yang berjuang untuk membayar tagihan, terutama setelah pandemi.

Dia menyampaikan kabar baik kepada pasiennya sebagai hadiah Natal dengan mengirimkan kartu liburan kepada pasiennya, memberi tahu mereka bahwa semua utang mereka akan dihapus.

Dalam kartu ucapan Natal untuk pasien, ia menulis bahwa Klinik Kanker Arkansas menyadari bahwa meskipun sebagian besar tagihan untuk sebagian besar pasien dibayar oleh asuransi kesehatan, pengurangan dan pembayaran bersama, tagihan medis masih dapat membebani beberapa pasien.

Berdasarkan pertimbangan itu, klinik telah memutuskan untuk melepaskan semua saldo terutang kepada klinik oleh pasiennya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here