DPR Janji Panggil Dubes China Terkait Perdagangan Perempuan

325
Bambang Soesatyo (Foto: DPR RI)

Jakarta, Muslim Obsession – Praktik perdagangan manusia ke China, khususnya perempuan terungkap. Sejauh ini diketahui ada 16 perempuan yang dijual ke China. Korban diiming-imingi calo untuk bekerja sebagai penjual kosmetik di China dengan gaji besar.

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo menegaskan, pelakunya harus dihukum dengan berat, karena ini merupakan perbuatan biadab.

“Memperdagangkan manusia, tidak hanya hukum Indonesia, hukum internasional pun mengatur hukuman yang berat bagi pelaku-pelakunya. Makanya kita minta jaringan ini dibongkar dan diberi hukuman yang berat,” tegas Bamsoet, sapaan akrabnya, saat ditemui di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (20/9/2018) seperti dirilis Parlementaria.

Menurut politisi Partai Golkar itu, Komisi I DPR RI dan Komisi IX DPR RI sudah mendorong Menteri Luar Negeri dan Menteri Ketenagakerjaan untuk melakukan investigasi, dan aparat berwajib diminta untuk membongkar jaringan mereka di Indonesia. “Ini sangat kurang ajar. Mosok dihargai Rp 400 juta untuk kawin kontrak,” ungkapnya lagi.

Ia juga menekankan, Komisi I DPR RI secepatnya pasti akan memanggil Duta Besar China untuk memperoleh penjelasan. “Kami serahkan komisi-komisi untuk melakukan aksi-aksi pemanggilan tersebut. Kami Pimpinan hanya bisa mendorong, mengingatkan. Tugas kita meminta komisi-komisi terkait proaktif,” terang Bamsoet. (Vina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here