Donald Trump Sebut WHO Boneka China

194

Jakarta, Muslim Obsession – Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump tak hentinya mengeluarkan pernyataan kontroversial. Ia terus menyerang Pemerintah China, terkait wabah corona ini. Kali ini, ia menuding Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) adalah boneka China.

Dilansir AFP, Trump menilai selama ini WHO terlalu memihak China. Karenanya Trump mempertimbangkan lagi untuk untuk mengirimkan bantuan dan dukungan kepada WHO.

“Mereka (WHO) adalah boneka [pemerintah] China, mereka China-sentris, untuk membuatnya (China) lebih bagus,” kata Trump di Gedung Putih, dikutip dari AFP, Selasa (19/5).

AS menjadi donatur terbesar dengan memberikan dana ke WHO sekitar USD 450 juta setiap tahunnya. Kini, rencana untuk memangkas bantuan itu akan dilakukan Trump atas sikap WHO yang pro-China.

Ini bukan kali pertama Trump mengeluarkan kritikan pedas atas China. Sebelumnya, Trump mengaku tidak ingin berbicara lagi dengan Presiden China, Xi Jinping, dan mengancam akan memutus hubungan dengan negeri Tirai Bambu itu.

Trump menuduh China menyembunyikan hal yang sebenarnya dari virus corona dan membiarkannya menyebar tanpa terkendali di seluruh dunia.

Namun, China dengan keras membantah tuduhan itu. China menegaskan telah memberikan segala data mengenai awal kemunculan virus corona ke WHO.

“Mereka (China) bisa menghentikannya. Mereka bisa menghentikannya di China dari mana asalnya. Tapi itu tidak terjadi seperti itu.” ucap Trump.

“Sangat menyedihkan apa yang terjadi pada dunia dan negara kita, dengan semua kematiannya,” tutup Trump. (Albar)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here