Dokter Muslim Skotlandia Perkenalkan Robot Bedah di NHS

94

Muslim Obsession – Seorang dokter Muslim Skotlandia telah membuat pencapaian bersejarah dengan memimpin upaya untuk memperkenalkan robot bedah, sebuah langkah sukses yang akan mengurangi waktu tunggu dan meningkatkan perawatan pasien.

Shafaque Shaikh MBBS FRCS PhD adalah seorang dokter dan konsultan Muslim Skotlandia di bidang kolorektal dan bedah umum.

Bekerja di Aberdeen Royal Infirmary, Dr. Shaikh meluncurkan dua robot da Vinci dan sistem operasi bantuan lengan robotik Mako.

“Rata-rata, pasien harus menjalani perawatan di rumah sakit yang lebih singkat setelah operasi yang dibantu robotik, waktu pemulihan yang lebih cepat, mereka membutuhkan lebih sedikit kontrol nyeri dan lebih sedikit anestesi – semua faktor ini menguntungkan pasien secara individu,” katanya kepada NHS Grampian, dikutip dari About Islam, Sabtu (10/4/2021).

Baca Juga: Dokter Zaidul Akbar Ungkap Beda Manfaat Makan Alpukat Tanpa Tambahan

Secara lebih luas, hal ini menguntungkan semua orang di wilayah ini, karena dengan waktu yang lebih sedikit di rumah sakit, hal ini meningkatkan kapasitas kami dan memungkinkan mereka untuk melihat lebih banyak pasien.

“Investasi ini, dalam teknologi mutakhir, benar-benar memastikan kami dapat memberikan pasien kami pengalaman terbaik dan saya serta rekan ahli bedah saya memiliki alat paling modern yang tersedia untuk melakukan pekerjaan kami. Ini juga melengkapi kami untuk bermitra dengan University of Aberdeen untuk mengembangkan penelitian terobosan, lebih meningkatkan perawatan pasien di masa depan,” tambahnya.

Robot baru ini merupakan bagian dari investasi £ 3,5 juta di NHS Grampian, yang mengawasi perawatan lebih dari 500.000 orang yang tinggal di Moray dan Aberdeenshire.

Umpan balik yang dikumpulkan oleh ahli bedah sangat positif, dengan waktu pemulihan yang lebih singkat dan kualitas penyembuhan yang lebih baik setelah prosedur.

“Ahli bedah telah menggunakan robot da Vinci pertama kami selama enam tahun terakhir dan selama itu kami benar-benar telah melihat manfaatnya bagi pasien kami…,” ucap Konsultan ahli bedah urologi Justine Royle.

“Sejak menjadi dewan teritorial pertama yang mulai menggunakan alat berat ini, kami benar-benar telah melihat keuntungannya dan telah berusaha untuk menempatkan diri kami sebagai pusat keunggulan di Skotlandia dengan teknologi ini. Ini semua adalah investasi untuk masa depan pasien kami dan NHS Grampian,” imbuh dia.

Kebanyakan Muslim di Skotlandia adalah anggota keluarga yang bermigrasi pada dekade terakhir abad ke-20.

Menurut sensus 2011, populasi Muslim adalah sekitar 76.737 orang, hampir 1,4% dari populasi Skotlandia.

Muslim di Skotlandia adalah populasi yang beragam secara etnis. Meskipun mayoritas Muslim berasal dari Pakistan (58%), 16,8% adalah orang Afrika dan Timur Tengah, sedangkan 7,8% adalah orang kulit putih Eropa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here