Doa yang Selalu Dibaca Rasulullah Tiap Pagi dan Sore

147
Ilustrasi: Berdoa. (Foto: religionunplugged)

Jakarta, Muslim Obsession – Setiap pagi dan sore Rasulullah Saw selalu membaca doa meminta keselamatan dunia dan akhirat kepada Allah SWT. Hal itu seperti diriwayatkan oleh Abu Dawud, An-Nasai dan Ibnu Majjah dari Ibnu Umar Ra. Lafal doa tersebut adalah sebagai berikut:

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ الْعَافِيَةَ فِي الدُّنْيَا وَاْلآخِرَةِ، اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ فِي دِيْنِيْ وَدُنْيَايَ وَأَهْلِيْ وَمَالِيْ اللَّهُمَّ اسْتُرْ عَوْرَاتِى وَآمِنْ رَوْعَاتِى….

(Allâhumma innî as-aluka al-‘âfiyah fid dunyâ wal âkhirah, allâhumma innî as-asluka al-‘afwa wal âfiyah fî dînî wadunyâya wa ahlî wa mâlî, allâhumma-stur ‘aurâtî wa âmin rau‘âtî)

“Ya Allah, aku memohon keselamatan di dunia dan akhirat. Ya Allah aku memohon kebajikan dan keselamatan dalam agama, dunia, keluarga, dan hartaku. Ya Allah, tutupilah auratku (aib dan sesuatu yang tidak layak dilihat orang) dan tenteramkanlah aku dari rasa takut,” (Imam Nawawi, al-Adzkar, Semarang: Alawiyah, hal. 74).

Masyarakat umumnya menyebut doa ini dengan nama (al-afiyah). Dalam bahasa Indonesia, shihhah wal afiyah diserap menjadi sehat walafiat, yang berarti sehat dan kuat; benar-benar sehat. Bahkan Rasul menyebut dalam al-afiyah mengandung 10 kebaikan.

Lima kebaikan di dunia dan lima yang lain di akhirat. Lima kebaikan di dunia, yakni ilmu, ibadah, rezeki halal, sabar atas penderitaan, dan syukur. Sedangkan lima kebaikan di akhirat, yakni kedatangan malaikat maut dengan kasih sayang dan kelembutan, tidak dikagetkan dengan malaikat munkar dan nakir di alam kubur.

Kemudian aman dari segala ketakutan, lalu dihilangkan kejelekan dan diterima kebaikannya, dan terakhir melewati shirat (jembatan) sebagaimana kilat untuk masuk surga dengan selamat. (Albar)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here