Doa Supaya Utang Cepat Lunas dari Ustadz Adi Hidayat

105
Ustadz Adi Hidayat.

Jakarta, Muslim Obsession – Meminjam uang atau berutang adalah sesuatu yang lazim dilakukan seseorang di masyarakat. Dalam Islam, utang bukanlah sesuatu yang dilarang. Seseorang bisa meminjam uang kepada siapapun asal sesuai aturan yang disepakati dalam agama.

Orang berutang maka dia wajib membayar. Karena persoalan utang piutang ini tak selesai hanya di dunia ini saja. Tapu akan diminta pertanggungjawaban di akhirat. Adakalanya orang banyak tidak bayar utang karena tidak niat, atau karena tidak punya uang.

Ustadz Adi Hidayat dalam satu ceramahnya pernah mengajarkan doa agar terbebas dari lilitan utang. Berikut lafadz doa agar terbebas dari lilitan utang yang disampaikan Ustadz Adi Hidayat:

Doa agar hutang cepat lunas bahasa Arab

اللهم اكفني بحلالك عن حرامك و بفضلك عمن سواك

Allahumma akfini bihalalika ‘an haramika, wa bifadhlika ‘amman siwak).

“Ya Allah, berilah aku kecukupan dengan rezeki yang halal, sehingga aku tidak memerlukan yang haram, dan berilah aku kekayaan dengan karuniamu, sehingga aku tidak memerlukan bantuan orang lain, selain diri-Mu.”

Ustadz Adi menganjurkan agar doa ini dibacakan usai melaksanakan shalat Jumat. “Jangan cepat-cepat keluar. Zikir walau sejenak, bermohon pada Allah SWT, bacakan doa itu,” kata Ustadz Adi Hidayat.

Menurutnya, istri juga boleh membacakan di saat-saat setelah waktu Asar, menjelang Maghrib. “Faedahnya dua. Pertama Allah SWT akan bebaskan dari utang-utang yang melilit dalam kehidupan,” kata UAH.

“Allah SWT akan muliakan antum dengan semua kemuliaan yang terbaik yang Allah SWT berikan. Jadi kalau bekerja, Allah SWT berikan yang paling bagus rezekinya,” tambahnya.

“Kalau antum belajar diberikan yang paling utama. Nilai-nilai kebaikannya,” kata UAH.

Sementara itu Ustadz Abdul Somad mengajarkan doa lainnya. Menurut Ustadz Abdul Somad, di antara doa yang diajarkan Rasulullah SAW agar terbebas dari hutang terdapat pada hadits diriwayatkan Ahmad bin Hambal.

Ustadz Abdul Somad kemudian menyampaikan doa seperti di bawah ini.

Doa agar terbebas dari lilitan hutang bahasa Arab

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّجَالِ

Allahumma Inni A’udzubika minal hammi wal hazani wa a’udzubika minal ‘ajzi wal kasali wa a’udzubika minal jubni wal bukhli wa a’udzubika min ghalabatiddayni wa qahrirrijal.

Terjemah doa agar terbebas dari lilitan hutang

”Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari bingung dan sedih. Aku berlindung kepada Engkau dari lemah dan malas. Aku berlindung kepada Engkau dari pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada Engkau dari lilitan hutang dan kesewenang-wenangan manusia.”

Ustadz Abdul Somad menegaskan, persoalan utang piutang harusnya jelas sejak awal. Baik terkait jumlah maupun waktu akan membayar.

“Kita yang tegas dalam masalah utang itu bukan dendam. Kita mau menyelamatkan dia jangan sampai anak cucunya makan haram,” tegas Ustadz Abdul Somad.(Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here