Doa Supaya Terhindar dari Ilmu yang Tak Bermanfaat

75
Pelajar Islam
Siswa membaca Surat Yasin dan dilanjutkan berdoa bersama.

Jakarta, Muslim Obsession – Dalam nenuntut ilmu seseorang pasti ingin ilmu yang didapatkan bermanfaat, bukan hanya untuk dirinya tapi juga untuk orang lain. Karenanya berdoa agar diberikan keluasan ilmu, agar mendapat keberkahan dan kemanfaatan itu penting.

Mengapa demikian? Karena sering kali ada orang belajar tinggi, tapi ilmunya tidak bermanfaat, apa yang selama ini ia dapatkan tidak membekas dan mendapat keberkahan. Sehingga ada istilah yang mengatakan bahwa cahaya Allah SWT tidak mengilhami bagi mereka yang ilmunya tidak bermanfaat.

Baca juga: Catat! Ini 10 Bacaan Dzikir yang Biasa Dibaca Imam Al Ghazali

Nah! Dalam kitab Bidayah Al-Hidayah seorang ulama besar Imam al-Ghazali menyebutkan suatu doa yang bersumber dari hadits Rasulullah Saw supaya dilindugi dari ilmu yang tidak bermanfaat:

Berikut doanya:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوْذُبِكَ مِنْ عِلْمٍ لَا يَنْفَعُ وَقَلْبٍ لا يَخْشَعُ وَعَمَلٍ لَا يُرْفَعُ وَدُعَاءٍ لَايُسْمَعُ

Allâhumma innî a‘ûdzubika min ‘ilmin lâ yanfa‘ wa qalbin lâ yakhsya‘ wa ‘amalin lâ yurfa‘ wa du‘âin lâ yusma‘

Baca juga: Nasihat Imam Al-Ghazali Tentang Adab Bersedekah Agar Terhindar dari Riya

Artinya: “Ya Allah aku berlindung dari ilmu yang tidak bermanfaat, hati yang tidak khusyu’, amal yang tidak diangkat (diterima), dan doa yang tidak didengar.”

Semoga dengan ilmu ini kita diberikan keberkahan ilmu yang manfaat, yang berguna bagi agama dan bangsa, serta generasi selanjutnya. (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here