Doa Minta Umur Panjang dan Harta yang Banyak

215
Ilustrasi: Doa

Muslim Obsession – Secara kudrati, setiap orang pasti ingin memiliki umur yang panjang dan harta yang banyak. Namun jangan lupakan bahwa umur panjang dan harta banyak harus diimbangi dengan kemaslahatan agar hidup penuh keberkahan.

Sebuah hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dari ‘Abdurrahman bin Abi Bakroh, dari ayahnya Abu Bakroh bahwa ada seseorang yang bertanya kepada beliau:

يَا رَسُولَ اللَّهِ أَىُّ النَّاسِ خَيْرٌ قَالَ «مَنْ طَالَ عُمُرُهُ وَحَسُنَ عَمَلُهُ». قَالَ فَأَىُّ النَّاسِ شَرٌّ قَالَ «مَنْ طَالَ عُمُرُهُ وَسَاءَ عَمَلُهُ

“Wahai Rasulullah, manusia mana yang dikatakan baik?” Beliau menjawab, “Yang panjang umurnya namun baik amalnya.” “Lalu manusia mana yang dikatakan jelek?”, tanya laki-laki tadi. Beliau menjawab, “Yang panjang umurnya namun jelek amalnya.” (HR. Tirmidzi no. 2330).

Dalam hadits di atas Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menjelaskan tentang kebaikan dari umur yang panjang harus dibarengi dengan amal shalih sebagai bukti dari ketaatan kepada Allah ‘azza wa jalla. Amal shalih yang dimaksud adalah amalan yang ikhlas dan ittiba’ (mengikuti petunjuk Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam).

Terdapat sejumlah doa yang disandarkan pada hadits Rasulullah untuk memohon umur panjang dan harta yang banyak sekaligus keberkahan.

Diriwayatkan dari Imam Al-Bukhari, dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah mendatangi Ummu Sulaim (ibunya Anas). Ketika itu Ummu Sulaim mengatakan bahwa Anas (anaknya) siap menjadi pelayan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Lantas beliau mendoakan Anas dalam urusan akhirat dan dunianya. Di antara doa beliau pada Anas adalah,

اللَّهُمَّ ارْزُقْهُ مَالًا، وَوَلَدًا، وَبَارِكْ لَهُ

“Ya Allah, tambahkanlah rizki padanya berupa harta dan anak serta berkahilah dia dengan nikmat tersebut.” (HR. Bukhari no. 1982 dan Muslim no. 660)

Dalam riwayat lainnya disebutkan bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mendoakan Anas dengan doa:

اللَّهُمَّ أَكْثِرْ مَالَهُ وَوَلَدَهُ ، وَبَارِكْ لَهُ فِيمَا أَعْطَيْتَهُ

“Ya Allah, perbanyaklah harta dan anaknya, serta berkahilah apa yang engkau karuniakan padanya.” (HR. Bukhari no. 6334 dan Muslim no. 2480)

Terdapat banyak doa untuk meminta umur panjang dan harta yang banyak. Satu di antaranya adalah doa berikut:

اللّٰهُمَّ طَوِّلْ عُمُوْرَنَا وَصَحِّحْ أَجْسَادَنَا وَنَوِّرْ قُلُوْبَنَا وَثَبِّتْ إِيْمَانَنَا وَأَحْسِنْ أَعْمَالَنَا وَوَسِّعْ أَرْزَقَنَا وَإِلَى الخَيْرِ قَرِّبْنَا وَعَنِ الشَّرِّ اَبْعِدْنَا وَاقْضِ حَوَائِجَنَا فِى الدِّيْنِ وَالدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيْرٌ

“Allāhumma thawwil umūrana wa shahhih ajsādana wa nawwir qulūbana wa sabbit iimānanā wa ahsin ‘amālanā wa wassi’ arzaqanā wa ilal khairi qarribnā wa ‘anisy-syarri ab’idnā. Waqdhi hawāijana fiddiini waddunyā wal ākhirati innaka ‘alā kulli syai-in qadiir.”

“Ya Allah panjangkanlah umur kami, sehatkanlah jasad (badan) kami, terangilah hati kami, tetapkanlah (kuatkan) iman kami, baikkanlah amalan kami, luaskanlah rezeki kami, dekatkanlah kami pada kebaikan dan jauhkan kami daripada keburukan. Kabulkanlah segala kebutuhan kami dalam agama, dunia, dan akhirat. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

Wallahu a’lam bish shawab.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here