Doa Meminta Ketakwaan dan Sifat Qona’ah

5433
Ilustrasi. Foto istimewa.
Ilustrasi. Foto istimewa.

Jakarta, Muslim Obsession – Setiap Muslim harus selalu meminta kepada Allah Swt. agar senantiasa dijaga dalam ketakwaan dan selalu memiliki sifat qona’ah.

Qana’ah adalah sikap rela menerima dan merasa cukup dengan apa yang didapat serta menjauhkan diri dari sifat tidak puas dan merasa kekurangan yang berlebih-lebihan.

KH. Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym menjelaskan bahwa ada doa untuk meminta ketakwaan dan sifat qona’ah. Doa ini berasal dari sebuah hadits, dari Ibnu Mas’ud radhiyallahu ‘anhu.

أنَّ النبيَّ – صلى الله عليه وسلم – كَانَ يقول : (( اللَّهُمَّ إنِّي أسْألُكَ الهُدَى ، والتُّقَى ، والعَفَافَ ، والغِنَى

Artinya: “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa membaca do’a: “Allahumma inni as-alukal huda wat tuqo wal ‘afaf wal ghina” (Ya Allah, aku memohon kepada-Mu hidayah, ketaqwaan, dijauhkan dari tidak halal dan hati yang selalu merasa cukup),” (HR. Muslim no. 2721).

Aa menandaskan, doa ini selalu dibaca oleh Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam. Oleh karenanya ia pun mengimbau umat Islam untuk senantiasa membacanya dalam setiap doa.

“Ayo diamalkan, ini doa yang sering Rasulullah baca,” kata Aa Gym, seperti dikutip dari akun Instagram pribadinya, @aagym, Kamis (24/10/2019). (Way)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here