Doa Agar Terhindar dari Doa yang Salah

172
Ilustrasi. Foto istimewa.
Ilustrasi. Foto istimewa.

Muslim Obsession – Doa adalah senjata bagi seorang Mukmin. Meminta-minta kepada manusia adalah bagian dari kehinaan. Namun sebaliknya, meminta terus menerus kepada Allah adalah kemuliaan.

Dengan berdoa, seorang Muslim akan lebih dekat dengan Allah. Namun, dalam berdoa seringkali kita meminta atau berharap sesuatu yang salah.

Oleh sebab itu, agar terhindar dari doa yang salah, begini doanya:

“Ya Tuhanku, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu untuk memohon kepada-Mu sesuatu yang aku tidak mengetahui (hakikatnya). Kalau Engkau tidak mengampuniku, dan (tidak) menaruh belas kasihan kepadaku, niscaya aku termasuk orang yang rugi.” (QS. Hud [11]: 47)

Dikutip dari tafsir Kementerian Agama, pada ayat ini diterangkan anggapan Nabi Nuh `alaihis salam, terhadap teguran Allah yang berisi penolakan atas permohonannya, agar anaknya Kanan diselamatkan dari topan.

Demikianlah, setelah Nabi Nuh `alaihis salam, mengetahui dari Allah hakikat anaknya itu, maka ia memohon ampun kepada-Nya tentang kekhilafan dan kesalahannya dalam memohonkan sesuatu yang tidak pada tempatnya.

Ia berlindung kepada Allah supaya dapat menjaga dirinya agar tidak menyampaikan permohonan yang sifatnya serupa dengan kesalahannya itu.

Pada akhir permohonan ampun itu, dengan sungguh-sungguh dan ikhlas, ia menyatakan penyesalannya kepada Allah.

Jika kesalahannya tidak diampuni Tuhan, niscaya ia termasuk golongan orang yang merugi, sebab kesalahannya itu hanya didorong oleh perasaan kasih sayang seorang ayah terhadap anaknya dan ingin supaya anaknya mendapat rahmat Allah.

Wallahu ‘alam bish shawab…

 

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here