Doa Agar Menjadi Ahli Syukur

154

Muslim Obsession – Seringkali manusia ditimpa suatu ujian yang membuat dirinya merasa tidak beruntung. Meski demikian, Allah tetap memerintahkan kita untuk selalu bersyukur.

Sebagaimana Firman Allah dalam Al-Quran yang artinya:

“Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.” (QS. Ibrahim [14]: 7)

Dalam hadits, Rasulullah Shallallahu alaihi wa Salam juga meminta kita untuk senantiasa bersyukur kepada Allah.

Diriwayatkan oleh Al-Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah bahwa Nabi Muhammad bersabda:

“Lihatlah kepada orang yang lebih rendah dari kalian dan janganlah memandang kepada orang yang lebih tinggi dari kalian, sebab hal itu lebih baik agar kalian tidak menghina nikmat Allah.”

Nah, agar bersyukur menjadi mudah diamalkan, berikut doa yang dipanjatkan Nabi Sulaiman kepada Allah supaya kita menjadi ahli syukur.

“Ya Tuhanku berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakku dan untuk mengerjakan amal saleh yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh.” (QS. An-Naml [27]: 19)

Selain mengamalkan doa tersebut, tentunya kita harus selalu melatih diri untuk merasa cukup dengan yang Allah berikan kepada kita. Tidak lupa juga untuk membiasakan hati mengucap Alhamdulillah.

 

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here