Doa Agar Dapat Suami yang Shalih

204

Muslim Obsession – Mendapatkan jodoh yang terbaik merupakan harapan semua orang, baik laki-laki maupun perempuan. Rasulullah ﷺ sendiri memberikan pedoman untuk mencari pasangan hidup terbaik.

Beliau ﷺ besabda,

تُنْكَحُ الْمَرْأَةُ لِأَرْبَعٍ لِمَالِهَا وَلِحَسَبِهَا وَجَمَالِهَا وَلِدِينِهَا فَاظْفَرْ بِذَاتِ الدِّينِ تَرِبَتْ يَدَاكَ

“Wanita itu dinikahi karena empat hal, karena hartanya, karena keturunannya, karena kecantikannya dan karena agamanya. Maka pilihlah karena agamanya, niscaya kamu akan beruntung,” (HR Bukhari).

Begitu pedoman yang diberikan Rasulullah ﷺ bagi laki-laki yang hendak mencari jodoh. Pedoman serupa juga berlaku bagi perempuan yang ingin mencari suami sebagai pasangan hidupnya.

BACA JUGA: Istri Membentak Suami, Bagaimana Hukumnya?

Salah satu ikhtiar mendapatkan suami yang shalih (baik) adalah berdoa. Ada beberapa doa yang bisa diamalkan.

Pertama, doa agar diberikan pasangan dan keturunan yang baik.

رَبِّ هَبْ لَنَا مِنْ أًزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَّاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِيْنَ إِمَامًا

Robbana hablanaa min azwaajina wa dzurriyyaatinaa qurrota a’yuniw waj’alnaa lill muttaqiina imaamaa.

“Yaa Tuhan, anugerahkanlah kepada kami pasangan-pasangan hidup dan keturunan sebagai penyenang mata (hati) kami dan jadikanlah kami pemimpin bagi orang-orang yang bertakwa,” (QS. AL-Furqan: 74).

BACA JUGA: Suami Istri, Jangan Biasakan Kentut di Depan Pasangan!

Kedua, doa meminta pasangan hidup yang baik di dunia dan akhirat.

رَبِّ هَبْ لِيْ مِنْ لَّدُنْكَ زَوْجًا طَيِّبًا أَخْطُبُهُ وَأَتَزَوَّجُّ بِهِ وَيَكُوْنُ صَاحِبًا لِيْ فِيْ دِيْنِيِ وَالدُّنْيَا وَالآخِرَةِ

Robbi hablii min ladunka zaujan thoyyiban akhthubuhu wa atazawwaju bihi wa yakuunu shohiban lii fii diinii wad dunya wal akhirah.

“Yaa Tuhan, anugerahkanlah kepadaku suami yang terbaik di sisi-Mu, suami yang juga menjadi sahabatku dalam urusan agama, dunia, dan akhirat”.

Penting diperhatikan!

Satu hal paling penting yang perlu diperhatikan, bahwa Allah memberikan jaminan bahwa hanya perempuan yang baik (shalihah) dan mampu menjaga kehormatannya sajalah yang akan dipasangkan dengan lelaki yang baik (shalih).

Dan sebaliknya, perempuan yang buruk dan tidak pandai menjaga kehormatannya, pun akan dipasangkan dengan lelaki yang sama karakter dan kondisinya.

BACA JUGA: Waspadalah! Karena Hal Ini, Kelak, Istri pun Menggugat Suami di Hadapan Allah

Hal ini Allah Ta’ala tegaskan dalam QS. An-Nur ayat 26:

الْخَبِيثَاتُ لِلْخَبِيثِينَ وَالْخَبِيثُونَ لِلْخَبِيثَاتِ وَالطَّيِّبَاتُ لِلطَّيِّبِينَ وَالطَّيِّبُونَ لِلطَّيِّبَاتِ

“Wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji adalah buat wanita-wanita yang keji (pula), dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula)…”.

Berdasarkan hal ini, maka mendapatkan pasangan yang baik juga tergantung pada diri Anda sendiri. Ketika Anda berharap untuk mendapatkan suami yang baik, maka jadilah perempuan yang baik terlebih dahulu.

Perbaiki akhlak dan jaga kehormatan, serta istiqamah dalam iman dan ketaatan kepada Allah Ta’ala.

Wallahu a’lam bish shawab. (Fath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here