Disumpah jadi Sultan Baru Oman, Ini Rekam Jejak Haitham bin Tariq

992
Haitham bin Tariq (Foto: Reuters India)

Jakarta, Muslim Obsession – Haitham bin Thariq bin Taimur Al-Bu Sa’id atau Haitham bin Tariq Al-Said disumpah menjadi pemimpin atau Sultan baru Oman pengganti Sultan Qaboos yang meninggal dunia, Jumat (10/1/2020).

Dikutip dari Anadolu, Ahad (12/1/2020) televisi pemerintah mengatakan pihak berwenang telah membuka surat Sultan Qaboos yang menyebut penggantinya, sebelum mengumumkan Haitham bin Tariq sebagai penguasa baru.

Diketahui, Sultan Qaboos telah memerintah Oman sejak 1970 dan merupakan sultan kedelapan dari dinasti Al Said. Dia adalah raja terlama di antara para penguasa Arab. Lalu, siapakah Haitham bin Thariq?

Lahir di Muscat, Oman, 23 Oktober 1954. Sultan Haitham, dilantik sebagai Sultan Oman dan pemimpin Dinasti Al-Bu Sa’id sejak 11 Januari 2020 menggantikan Sultan Qaboos dari Oman atas wasiatnya. Sebelumnya Haitham merupakan Menteri Warisan dan Kebudayaan sejak Februari 2002.

Sebelumnya ia juga merupakan Ketua Komite Visi Masa Depan Oman 2040, serta pernah memegang sejumlah jabatan di Kementerian Luar Negeri mulai dari Minister, Deputi Menteri bidang Politik dan Sekretaris Jenderal. Juga terkadang bertugas sebagai Delegasi Khusus Sultan Qaboos bin Said.

Haitham bin Thariq lahir di dalam keluarga Kesultanan Oman, ayahnya Thariq bin Taimur Al Bu Sa’id merupakan Perdana Menteri Oman (1970-1972), ibunya bernama Ummu Qais yang merupakan salah satu dari tiga istri ayahnya. Haitham lulus pada Program Pelayanan Luar Negeri (Foreign Service Program) dari Universitas Oxford dan studi pasca sarjana dari Pembroke College, Oxford.

Setelah wafat Sultan Qaboos bin Said, Dewan Pertahanan Oman mengangkat Haitham menjadi Sultan Oman sesuai dengan konstitusi yang menjadikan Dewan Keluarga Kesultanan Oman memilihnya atas wasiat Sultan Qaboos bin Said.

Dewan Keluarga menyerahkan Dewan Keamanan untuk membuka wasiat Sultan Oman sesuai dengan Pasal 6 dari Undang Undang Dasar Negara Oman, pembukaan wasiat ini dihadiri oleh sejumlah Pejabat Negara dan Anggota Keluarga Kesulatanan Oman di mana tertulis Haitham bin Thariq bin Taimur Al-Bu Sa’id menjadi Sultan Oman.

Sultan Haitham pernah menjadi pemimpin Dewan Kehormatan Asosiasi Penyandang Disabilitas, Ketua Asosiasi Persahabatan Oman-Jepang dan Ketua Komite Tinggi Pesta Olahraga Pantai Asia 2010.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here