Disukai Nabi, Berikut Ini 10 Jenis Kurma Paling Populer di Dunia

618
Kurma, jenis buah yang populer di dunia, terutama saat Ramadhan. (Foto: Sutanto/OMG)

Muslim ObsessionMarhaban Yaa Ramadhan, selamat datang bulan yang agung. Tak terasa beberapa hari ke depan bulan suci Ramadhan akan kembali hadir di tengah-tengah umat Islam.

Kita tentu berharap kedatangan Ramadhan dapat mengobati kesedihan seluruh umat manusia di seluruh dunia akibat wabah virus Corona.

Salah satu yang khas dari Ramadhan adalah hadirnya kurma sebagai makanan pembuka untuk buka puasa. Berbuka puasa dengan kurma merupakan sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, seperti diterangkan dari hadits berikut ini:

Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, ia berkata,

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يُفْطِرُ عَلَى رُطَبَاتٍ قَبْلَ أَنْ يُصَلِّىَ فَإِنْ لَمْ تَكُنْ رُطَبَاتٌ فَعَلَى تَمَرَاتٍ فَإِنْ لَمْ تَكُنْ حَسَا حَسَوَاتٍ مِنْ مَاءٍ

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasanya berbuka dengan rothb (kurma basah) sebelum menunaikan shalat. Jika tidak ada ruthob (kurma basah), maka beliau berbuka dengan tamr (kurma kering). Dan jika tidak ada yang demikian beliau berbuka dengan seteguk air.” (HR. Abu Daud no. 2356 dan Ahmad 3: 164. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan shahih).

Nah, berikut ini Muslim Obsession akan memberikan informasi menarik tentang 10 jenis kurma yang paling popular. Sobat Muslim tentu bisa menentukan jenis kurma apa yang paling disukai. Yuk, cek infonya.

Ajwa

Masyarakat menamai Ajwa dengan Kurma Nabi. Rasanya tidak terlalu manis dengan bentuk yang khas, yakni coklat kehitaman dengan guratan kasar di permukaan kulitnya. Dalam sebuah hadits dikatakan bahwa Kurma Ajwa memiliki khasiat untuk menghindarkan orang yang memakannya dari racun dan sihir.

“Barangsiapa di pagi hari memakan tujuh butir kurma ajwa, maka ia tidak akan terkena racun dan sihir pada hari itu,” (Muttafaqun ‘alaih. HR. Bukhari no. 5779 dan Muslim no. 2047).

Bam atau Mozafati

Kurma ini tumbuh di kawasan Kerman, Iran. Warnanya gelap dan berukuran sedang. Soal rasa, kurma ini cenderung manis dan menyegarkan. Jenis kurma ini bisa bertahan dalam waktu cukup lama. Kabarnya bisa disimpan selama dua tahun di tempat bersuhu lima derajat Celcius.

Medjool

Berbeda dengan kebanyakan kurma yang berasal dari kawasan Arab, kurma Medjool berasal dari Arizona, Amerika Serikat. Kurma ini memiliki warna coklat muda dan memiliki buah yang tebal. Kurma ini diberi julukan “Raja Kurma” karena ukurannya jauh lebih besar dari kurma lainnya, dimana panjangnya bisa mencapai 10-15 cm. Medjool memiliki rasa yang manis yang khas, sehingga banyak sekali orang yang menyukai kurma jenis ini.

Halawi

Kurma ini disebut juga Halwah yang dalam Bahasa Arab bermakna manis. Sesuai namanya, kurma jenis ini memiliki rasa yang sangat manis jika dibanding dengan jenis kurma lainnya. Ukurannya lebih kecil dengan tekstur yang lembut.

Amer Hajj

Konon, jenis kurma ini paling difavoritkan masyarakat Irak. Tak heran jika Amer Hajj sering dijadikan hidangan untuk para tamu sehingga kerap disebut the visitor’s date. Kurma Amer Hajj memiliki rasa yang manis dengan daging tebal nan lembut, kulitnya pun tipis.

Thoory

Kurma ini populer di Aljazair, bahkan juga sering ditemukan di Indonesia. Buahnya agak keras dengan sedikit ada rasa kacang di dalamnya. Thoory termasuk jenis kurma yang tahan lama jika disimpan. Ketika diawetkan, warnanya akan berubah dari cokelat kemerahan menjadi biru.

Sukkari

Konon, kurma ini sangat digemari para Raja Arab. Sukkari merupakan jenis kurma basah dengan tekstur lembut yang akan lumer di mulut. Spesialnya lagi, kurma ini mempunyai khasiat penambah stamina pria.

Deglet Noor

Kurma ini merupakan varietas unggul yang sangat populer di Libya, Tunisia, Algeria, dan Amerika. Deglet Noor berarti cahaya karena warna buahnya yang menyerupai warna sinar matahari. Buahnya berwarna cokelat muda berbentuk oval dengan rasa manis dan legit. Biasanya disajikan segar dengan tangkainya.

Khidri

Jenis kurma ini sangat populer di kalangan para koki karena sering dijadikan bahan olahan makanan. Para koki biasa menggunakan cokelat, kacang almond, dan bahan lainnya untuk dijadikan isian kurma. Di balik warna merah tuanya, rasanya justru tidak terlalu manis, tapi sangat kenyal.

Zaghloul

Bentuknya yang mirip melinjo dengan warna merah yang khas, ternyata membuat jenis kurma ini mahal di pasaran. Biasanya Zaghloul disajikan sangat garing. Kurma yang banyak ditemukan di Mesir ini juga mengandung gula yang sangat tinggi sehingga mengering ketika disantap.

Masih ada banyak jenis kurma yang mungkin saja populer di masing-masing negara. Nah, Sobat Muslim suka yang mana? Silakan dipilih sesuai selera karena semua jenis kurma ini memiliki manfaat yang cukup baik bagi kesehatan.

Wallahu A’lam bish Shawab.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here