Disaksikan Jokowi, Dua Pramuka Pandega UIN Jakarta Terima Lencana Teladan Nasional 2021

97
Rahmalia Agustina Putri dan Roqib, dua Pramuka Pandega UIN Jakarta menerima Lencana Teladan Nasional 2021. (Foto: kemenag)

Jakarta, Muslim Obsession – Dua kader Pramuka Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Rahmalia Agustina Putri dan Roqib, memperoleh penghargaan tingkat nasional 2021 berupa Lencana Teladan dari Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.

Dilansir website resmi Kemenag, Ahad (15/8/2021), penghargaan tersebut diberikan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Komjen Pol (Purn) Budi Waseso bersama sejumlah penerima penghargaan lain di Gedung Pandansari Taman Rekreasi Wiladatika Cibubur, Sabtu (14/8/2021), pada peringatan Hari Pramuka ke-60.

Ikut menyaksikan secara virtual, Presiden Joko Widodo yang merupakan Ketua Majelis Pembimbing Nasional Gerakan Pramuka.

Rokib tercatat sebagai pengurus Dewan Kerja Daerah (DKD) DKI Jakarta, menerima penghargaan berdasarkan Keputusan Kwarnas Gerakan Pramuka No. 215 Tahun 2021. Sedangkan Rahmalia menerima penghargaan berdasarkan Keputusan Kwarnas Gerakan Pramuka No. 217 Tahun 2021.

BACA JUGA: 60 Mahasiswa UIN Jakarta Jadi Duta Gerakan Mobil Masker

Penghargaan kepada kedua Pramuka Pandega dan Pramuka Garuda itu diberikan karena keteladanannya dalam berpramuka, bermasyarakat, dan bernegara.

Dia telah memperlihatkan sikap laku utama, di antaranya tampak dari usaha, tanggung jawab, keuletan, kesabaran, ketabahan, kesopanan, keramah-tamahan, dan budi bahasa luhur.

Rahmalia mengaku bangga atas penghargaan yang diterimanya. Ia juga bersyukur karena tanpa diduga memperoleh penghargaan sebagai “Pramuka Teladan Nasional” di Hari Pramuka ke-60.

“Saya kaget tidak diberi tahu sebelumnya dan hanya tahu dari teman yang memberikan SK penghagaan Kwarnas,” kata Rahmalia, yang juga nominator Putri Hijab Lampung 2021.

BACA JUGA: Mahasiswa UIN Jakarta Harus Miliki Pengetahuan Umum Berbasis Keislaman

Rahmalia, lahir di Tanjung Karang, Lampung tahun 1996. Dia kini tercatat sebagai mahasiswi tingkat akhir di Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Jakarta.

Selama kuliah, ia terbilang aktif di kegiatan kepramukaan kampus, yakni di Dewan Racana Pandega Fatahillah-Nyi Mas Gandasari.

Ia juga banyak mengikuti kegiatan kepramukaan, baik di tingkat regional seperti Kemah Bakti Pramuka (Kartika) di Palembang dan Perkemahan Wirakarya Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan (PWN PTK) ke-13 di Kendari, Sulawesi Tenggara.

BACA JUGA: FK UIN Jakarta Luluskan 10 Dokter Baru

Hal yang sama juga dirasakan Rokib. Ia bangga dan terharu atas penghargaan tertinggi bagi Pramuka berusia 7-25 tahun itu. “Saya berterima kasih kepada semua pihak yang selama ini ikut membantu, memotivasi dan membimbing sehingga meraih penghargaan nasional,” katanya.

Rokib, lahir di Tangerang, Banten. Dia tercatat sebagai mahasiswa Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Jakarta. Pendidikan S1-nya ditempuh di progam studi dan fakultas yang sama.

Pengalaman Rokib di kegiatan kepramukaan juga tak diragukan. Selain aktif di Gugus Depan UIN Jakarta, ia kini sebagai Sekretaris 1 DKD DKI Jakarta masa bakti 2019-2024. Aktif sebagai Member of Association of Top Achiver Scout (ATAS) tahun 2019. (**)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here