Diplomasi ‘Kopi’ Ala Jokowi

487

Muslim Obsession – Sebagai kepala negara, Presiden Joko Widodo (Jokowi) seringkali bertemu dengan presiden maupun tokoh dunia untuk membahas banyak hal, baik ekonomi, agama, sosial, budaya, infrastruktur, pertahanan, dan lainnya.

Uniknya, Presiden tak melulu melakukan pertemuan formal.Ia juga kerap kali melakukan agenda di luar istana sehingga diplomasi santai pun menjadi ‘jurus’ untuk mendulang kerja sama di tengah derai tawa.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) selalu memiliki cara untuk mengenalkan Indonesia. Satu di antaranya mengenalkan kopi asli asal Indonesia yang memiliki citra rasa tinggi dan unik dibandingkan kopi-kopi dari negara lain.

Ya, Presiden Jokowi belakangan gencar mempromosikan kopi asli asal Indonesia di setiap kunjungan kerjanya, baik di dalam maupun luar negeri. Jokowi yang sebelumnya dikenal penikmat minuman teh, menyertakan kopi sebagai ‘media’ diplomasinya yang unik.

Presiden Jokowi diketahui selalu membawa kopi di setiap kunjungan kerjanya ke luar negeri. Alasannya, tentu untuk mempromosikan hasil kopi nusantara tersebut kepada negara lain, agar mau kerja sama untuk mensejahterakan petani kopi Tanah Air.

Soal ini, Sekretaris Kabinet Pramono Anung memiliki cerita menarik. Dalam sebuah kunjungan kerja ke New Zealand beberapa waktu lalu, Presiden Jokowi memperkenalkan kopi asli asal Papua kepada negara tersebut. Bukan tanpa sebab pastinya, karena Jokowi tahu Papua menjadi isu yang hangat di negara tersebut.

Disamping itu, Presiden Jokowi melihat ada peluang besar bagi kopi asli Tanah Airuntuk lebih dikenal publik internasional. Apa pasal? Indonesia merupakan salah satu negara terbaik penghasil kopi dunia.

“Kopi Aceh. Jadi pada waktu ke Middle East, kopi Aceh. Tamu-tamu negara biasanya antara kopi yang dari Jawa Barat, kopi Aceh, kopi Toraja secara berganti-ganti semuanya mendapatkan kesempatan yang sama untuk itu,” ungkap Pramono.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here