Dinilai Bagus, Ini Rekomendasi Program TV Ramadhan dari MUI

341

Jakarta, Muslim Obsession – Majelis Ulama Indoensia (MUI) memberikan rekomendasi untuk beberapa progam TV sepanjang Ramadhan ini yang layak ditonton.

Lima televisi dengan program-programnya di bulan Ramadhan 2019 ini paling sedikit masalah, berdasarkan Tim Pemantau TV Ramadhan yang dibentuk MUI.

Sebagian besar tayangan program TV tersebut sejalan dengan spirit Ramadhan. Kelimanya adalah Metro TV, TVRI, TVOne, Kompas TV, dan RTV­­­.

Menurut Iroh Siti Zahroh, anggota Tim Pemantau MUI, Metro TV, TVRI, dan TVOne memperlihatkan konsistensi dalam mewarnai program positif sepanjang 12 tahun pantauan Tim MUI pada program Ramadhan.

Sementara Kompas TV, dan RTV dalam dua tahunan terakhir menunjukkan komitmen yang baik untuk memproduksi program yang sejalan spirit Ramadhan. RTV menyajikan Ramadhan khusus untuk segmen anak-anak.

“Metro TV semakin konsisten dalam memaknai bulan Ramadhan. Program-program yang ditayangkan dirancang untuk mengajak pemirsa mengisi bulan Ramadhan dengan hal-hal positif. Program-programnya bukan hanya sarat ilmu, tetapi juga mengajak pemirsa untuk mengamalkannya dengan penuh hikmah,” kata Iroh Siti Zahroh, belum lama ini.

Iroh Siti Zahroh, yang memonitor Metro TV menuturkan, program Ramadhan di Metro TV, antara lain, Dakwah On The Spot, Tafsir Al Mishbah, Khazanah Islam, Cahaya Hati, dan Syiar Anak Negeri.

Sementara TVRI menyajikan 17 program Ramadhan. Dalam sepertiga malam terakhir, ada “Tafsir Al Baqarah”. Diikuti program “Nongkrong Sahur” yang menayangkan sketsa masalah dan kejadian kekinian di masyarakat dan diikuti penjelasan ustadz.

“Juga ada program live shalat tarawih dari Majid Haram Makkah yang telah bertahun-tahun ditayangkan, tetap hadir,” papar Iroh.

Iroh melanjutkan, banyak juga program menarik TVRI, seperti Puasa Diaspora dan Puasa di Luar Negeri. Ada juga Live the Mosque yang memperkenalkan mesjid bersejarah di berbagai belahan bumi. Untuk program pengembangan bakat, ada Tilawah Cilik dan Qasidah Fest.

Ahmad Baidun, anggota Komisi Pendidikan MUI, yang memantau TVOne mengatakan untuk program Ramadhan di TVOne, antara lain ada Syiar Ramadhan, Gebyar Ramadhan, Pesona Islam, Indahnya Ramadhan Bersama Ustadz Abdul Somad, Hikmah Al Asmaul Husna, Damai Indonesiaku Spesial Ramadhan 1440 H, dan Jelang Berbuka Bersama Ustadz Abdul Somad.

“TVOne layak dinominasikan sebagai TV terbaik Syiar Ramadhan. Substansinya bagus. Program pagi Ustadz Abdul Somad itu interaktif. Pemirsa diajak berkontemplasi,” paparan Ahmad Baidun.

Khoirul Anam, pemantau Program RTV menjelaskan, salah satu program terbaik dari RTV adalah Qori Indonesia. “Jurinya orang-orang pilihan. Menguasai tilawah. Menyasar anak muda dan lintas profesi. Dan yang menarik, ada tampilan polisi muda, hafidz. Juga suasana kantor polisi di Sumatera Selatan yang penuh suasana Qurani. Progam ini layak mendapatkan salah satu penghargaan ASR,” sambung Anam.

Kompas TV, dalam catatan pemantau, Hidayati, memiliki delapan program Ramadhan: Merindu Baitullah, Risalah, Ramadan Kareem, Muslim Journey, Islam Araound the Word, Taste of Halal, Zakat Tumbuh Bermanfaat, Kurma dan Muslim Diary. “Program Merindu Baitullah mengangkat kisah inspiratif mereka yang berjuang untuk bisa menunaikan ibadah haji. Kompas TV tahun ini terasa jauh lebih Islami,” ujar Hidayati.

Semua program positif hasil pantauan MUI tersebut akan dicatat untuk dipertimbangkan mendapatkan Anugerah Syiar Ramadhan (ASR) 2019, yang diselenggarakan MUI, KPI, dan Kemenpora, pada akhir Juni 2019 mendatang. (Way)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here